FAMILY & LIFESTYLE

5 Tips Perawatan agar Rambut Tidak Kering dan Selalu Sehat



Rambut sehat, indah, dan berkilau? Pastinya semua wanita mau punya rambut seperti itu ya, Moms. Rambut memang bagai mahkota perempuan yang perlu dijaga keindahannya, jangan sampai kering dan kusam. Sayangnya, ada banyak hal yang mengancam kesehatan rambut, seperti gaya hidup, polusi, dan bahkan nutrisi yang kurang optimal juga bisa bikin rambut kering, lho.

Menurut Dyson’s Global Study 2022, 70% dari 23.000 responden mengaku memiliki rambut yang rusak, termasuk rambut kering. Duh, masalah rambut kering ini ternyata dialami banyak orang, ya. Apakah Anda salah satunya? Jangan panik dulu, karena ada banyak cara agar rambut tidak kering dan selalu sehat kok, Moms. Berikut ini tipsnya.

1. Gunakan sampo dan conditioner yang tepat

Gunakan sampo dan conditioner yang diformulasikan khusus untuk melembapkan rambut. Pilih produk dengan kandungan minyak alami, seperti minyak argan atau minyak kelapa, yang sangat baik untuk menjaga kelembapan rambut. Sebaliknya, hindari produk yang mengandung sulfat! Kandungan sulfat dapat menghilangkan minyak alami rambut Anda, sehingga akan membuat rambut lebih rentan kering.

2. Kurangi penggunaan alat pemanas rambut

Hair styling tools seperti hair dryer, catokan, atau hair curler memang bisa menjadi jalan pintas untuk menata rambut. Namun, tanpa perawatan yang baik, hal tersebut bisa bikin rambut kering. Untuk itu, coba kurangi penggunaan hair styling tools, karena panas yang dihasilkan bisa menghilangkan kelembapan alami rambut dan membuatnya kering. Keringkan rambut secara alami ya, Moms. Jika Anda harus menggunakan hair styling tools, gunakan produk heat protect untuk melindungi rambut dari panas.

3. Lakukan perawatan berkala

Rutin menggunakan masker rambut bisa menghidrasi dan menutrisi rambut agar tidak kering. Moms bisa coba hair mask, hair spa, keratin, atau buat sendiri masker rambut rumahan dari bahan-bahan alami. Lakukan ini setidaknya seminggu sekali ya, Moms.

Perawatan lainnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan trim ujung rambut secara teratur. Rambut kering sering membuat ujungnya bercabang. Memotong ujung rambut secara berkala bisa mencegah rambut bercabang dan mempertahankan kesehatan rambut secara keseluruhan.

4. Perhatikan pola makan

Untuk mencegah rambut jadi kering, Anda juga perlu mengonsumsi makanan bergizi. Nutrisi dari dalam sangat penting untuk kesehatan rambut. Karena itu, pastikan Moms mengonsumsi makanan yang kaya protein, vitamin, dan mineral, seperti ikan, telur, sayuran hijau, dan buah-buahan.

5. Jaga kelembapan rambut

Jangan terlalu sering keramas. Terlalu sering mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alami yang penting untuk kilau dan kelembapan rambut. Saat rambut sedang kering, sebaiknya Moms keramas 2-3 kali seminggu atau sesuai kebutuhan saja.

Anda juga bisa gunakan pelembap rambut. Selain pemakaian conditioner setelah keramas, penting juga untuk menggunakan pelembap rambut yang tidak perlu dibilas, seperti leave-on conditioner atau hair mist. Ini sangat membantu menjaga kelembapan rambut Anda sepanjang hari. Ingat, sinar matahari langsung dan polusi juga bisa bikin rambut makin kering lho, Moms.

Itulah 5 tips perawatan rambut untuk menjaga rambut agar tidak kering dan selalu sehat. Dari kelima cara ini, mana yang sudah pernah Moms coba aplikasikan? (M&B/TW/Foto: Freepik)