FAMILY & LIFESTYLE

Cara Jitu Membersihkan Noda Darah pada Pakaian



Dari sekian banyak jenis noda pada pakaian, noda darah adalah salah satu yang paling sulit dibersihkan. Meski sudah dibersihkan, noda darah bisa membandel dan pakaian mungkin tak akan bersih seperti sedia kala. Terlebih lagi jika noda darah tak segera dibersihkan. Noda darah yang dibiarkan terlalu lama akan mengering, sehingga akan lebih sulit dibersihkan.

Lalu, bagaimana cara yang ampuh untuk membersihkan noda darah pada pakaian? Dilansir dari Good Housekeeping, berikut ini beberapa cara terbaik untuk membersihkan noda darah pada pakaian.

Trik membersihkan berbagai tipe noda darah pada pakaian

Tahukah Moms bahwa ada beberapa tipe noda darah yang menempel pada pakaian? Berikut ini sejumlah cara membersihkan noda darah pada pakaian sesuai jenisnya.

1. Membersihkan noda darah segar

Layaknya noda lainnya, noda darah akan lebih mudah dibersihkan secepat mungkin. Langkah-langkah berikut ini bisa Anda lakukan untuk berbagai jenis bahan, seperti jeans, katun, bahkan linen.

Bahan-bahan:

  • Sabun batangan
  • Hidrogen peroksida
  • Pemutih pakaian
  • Detergen cair.

Langkah-langkah:

1. Rendam pakaian dengan air dingin sesegera mungkin. Jika pakaian Anda baru saja terkena noda darah, maka bilas noda dengan air mengalir untuk meluruhkan darah sebersih mungkin.

2. Bersihkan noda darah dengan hidrogen peroksida dengan cara mengolesinya di area noda atau merendamnya di dalam larutan hidrogen peroksida. Selain itu, Moms bisa menggosok area noda dengan sabun batangan.

3. Oleskan detergen cair pada noda, lalu cuci pakaian dengan air hangat dan pemutih pakaian.

4. Jika noda darah masih ada, maka ulangi langkah-langkah di atas. Jangan keringkan pakaian sebelum noda benar-benar bersih.

2. Membersihkan noda darah yang mengering

Ada kalanya kita tidak bisa membersihkan noda segera mungkin. Namun, tak perlu khawatir, noda darah yang mengering tetap bisa dibersihkan, kok. Berikut ini triknya.

Bahan-bahan:

  • Cairan pembersih noda
  • Sabun batangan
  • Pemutih pakaian
  • Detergen cair
  • Amonia.

Langkah-langkah:

1. Rendam pakaian dalam larutan detergen cair atau cairan pembersih noda selama beberapa jam atau semalaman.

2. Gosok noda dengan sabun batangan, lalu cuci pakaian dengan air hangat dan pemutih pakaian.

3. Jika noda tetap membandel, ulangi langkah-langkah di atas. Rendam dengan durasi yang lebih lama dan campurkan amonia dalam larutan rendaman. Setelah itu, kembali gosok noda dengan sabun batangan dan cuci dengan air hangat dan pemutih.

Membersihkan pakaian bernoda dengan cuka dan pasta gigi memang sering disebut ampuh. Meskipun begitu, faktanya cuka tidak benar-benar bisa membersihkan noda dengan optimal. Selain itu, pasta gigi tidak disarankan untuk membersihkan noda darah, karena terbuat dari bahan yang tak bisa dicuci.

Yang perlu diingat, jangan gunakan air panas saat membersihkan noda darah pada pakaian, karena justru hanya akan membuatnya membandel. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)