Moms, Anda punya usaha online shop? Anda mungkin pernah melakukan live shopping untuk meningkatkan penjualan Anda. Pemanfaatan platform teknologi, seperti live shopping, merupakan salah satu kunci agar bisa tetap relevan di tengah perkembangan era digital. Berdasarkan riset Jakpat berjudul E-commerce Trends 2023, sebanyak 87% responden mengaku pernah menonton live shopping dan 77% dari mereka melakukan transaksi melalui fitur tersebut.
Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz, mengatakan, “Tokopedia dan ShopTokopedia mempermudah pelaku usaha dalam memperluas jangkauan pasar sekaligus meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan live shopping. Pelaku usaha yang melakukan live shopping rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang belum melakukan live shopping.”
“Live shopping mempermudah penjual dalam meningkatkan kunjungan pelanggan dan penjualan. Dengan cara ini, masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lengkap mengenai produk yang mereka butuhkan, termasuk berbagai promosi yang ditawarkan,” jelas Rizky.Nah, berikut ini 5 tips untuk Moms agar bisa meraih lebih banyak pesanan lewat live shopping.
1. Buat konten video kreatif sebagai teaser live shopping mendatang
Agar konten video menarik untuk ditonton, buatlah konten yang berhubungan dengan target pasar. Sebelum membuat konten video, Anda sebaiknya telah mengetahui produk yang akan dijual, memahami target pasar, dan mempertimbangkan konten yang disukai audiens, misalnya menjual produk sepatu perempuan dengan target pasar perempuan dewasa yang telah bekerja. Ide short video yang dibuat bisa mengenai keseharian perempuan muda yang aktif dan sepatu tersebut mendukung keseharian mereka.
Menurut survei MetrixLab (2024), pengguna yang menonton live stream penjual memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih tinggi untuk melakukan pembelian. “Untuk mendapatkan lebih banyak audiens, buatlah live stream teaser yang menginformasikan tentang konten yang akan ditampilkan pada live streaming nanti. Saat menyiapkan konten teaser, sisipkan informasi seputar produk yang akan dijual di sesi live, promosi yang bisa dimanfaatkan, serta jadwal sesi live streaming,” ungkap Rizky.
Agar short video makin berpeluang menjangkau lebih banyak orang, Moms bisa memberikan narasi yang cocok dan menarik pada video serta menggunakan lagu atau sound yang sedang populer. Untuk menghindari kendala hak cipta, Anda sebaiknya memastikan lagu atau sound yang diinginkan bisa digunakan untuk keperluan promosi.
2. Siapkan ruangan dan tim yang mendukung live streaming
Salah satu keunggulan dari live shopping adalah kemampuan untuk menciptakan pengalaman komunikasi yang lebih interaktif dengan calon pembeli. Anda disarankan untuk aktif berkomunikasi dengan menanggapi setiap pertanyaan atau komentar dari calon pembeli.
“Untuk menghadirkan sesi live shopping yang seru dan menarik, pastikan ruangan yang digunakan untuk sesi ini mendukung dalam berbagai hal seperti pencahayaan yang maksimal dan latar belakang yang sesuai agar produk yang ditampilkan dapat terlihat jelas. Di samping itu, jika memungkinkan, siapkan tim yang mendukung live streaming seperti host, asisten, moderator, dan customer service agar sesi promosi produk dan interaksi bersama audiens makin lancar,” saran Rizky.
3. Hadirkan suasana live streaming yang interaktif dan informatif
Selama live streaming, Moms disarankan untuk memberikan informasi menarik yang mendorong audiens untuk langsung membeli produk, seperti diskon, produk terlaris, atau produk terbaru dan eksklusif yang hanya tersedia saat live.
“Saat live streaming berlangsung, pastikan juga host dapat membangun suasana yang interaktif agar audiens tertarik untuk mengikuti ajakan untuk memberikan like, komentar, dan share, serta melakukan checkout dan pembayaran untuk produk yang sedang dipromosikan,” kata Rizky.
4. Kolaborasi bareng kreator atau affiliator untuk curi perhatian audiens
Untuk menarik perhatian calon pembeli, pertimbangkan bekerja sama dengan kreator untuk mempromosikan produk. Pilihlah kreator konten atau affiliator yang sesuai dengan produk. “Kolaborasi dengan kreator dapat memberikan berbagai manfaat, seperti meningkatkan eksposur dan jangkauan penonton melalui followers kreator, serta meningkatkan efisiensi toko dengan biaya yang fleksibel,” jelas Rizky.
5. Hindari langkah-langkah berikut agar live shopping tetap aman dan lancar
Saat menggelar live shopping, Moms sebaiknya tidak menampilkan konten yang dapat melanggar pedoman komunitas serta syarat dan ketentuan yang berlaku di platform, misalnya sebaiknya menghindari menampilkan anak di bawah umur saat melakukan promosi di live shopping atau menyampaikan klaim yang terlalu berlebihan.
Moms juga sebaiknya menghindari melakukan live streaming statis atau tidak bergerak. Untuk itu, Anda bisa menyiapkan host saat live shopping agar sesinya lebih interaktif dan dapat menarik perhatian penonton. (M&B/SW/Foto: Dok. Tokopedia)