
Follow Mother & Beyond untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Instagram dan Youtube Mother & Beyond
Platform e-commerce afiliasi TikTok, TikTok Shop, dan Tokopedia mencatat kecenderungan baru transaksi konsumen sepanjang Ramadan 2025 ini, yakni pada saat sahur. Hal tersebut terungkap dalam event "Bicara Tren Ramadan 2025" yang digelar TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop di Seia Restoran, Jakarta (17/3).
Head of Communications of Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan, “Ramadan Ekstra Seru adalah salah satu kampanye terbesar kami untuk membantu konsumen memenuhi kebutuhan Ramadan hingga Lebaran lewat penawaran menarik, seperti gratis ongkir, flash sale, dan diskon.”
“Sahur menjadi salah satu waktu yang paling digemari masyarakat untuk belanja di Ramadan Ekstra Seru. Saat sahur, nilai transaksi di Tokopedia dan TikTok Shop berkat Ramadan Ekstra Seru ini naik rata-rata 10 kali lipat,” tambahnya.
Ramadan Ekstra Seru juga membantu penjual, khususnya brand lokal, dan kreator di Indonesia memanfaatkan momentum Ramadan dengan maksimal. Peningkatan pesanan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop yang berpartisipasi dalam kampanye ini naik rata-rata 2 kali lipat.
Di awal Ramadan 2025, live streaming melalui fitur LIVE di TikTok ditonton lebih dari 2 miliar kali, dan sejumlah produk paling laris di TikTok Shop by Tokopedia lewat live streaming di TikTok, antara lain: baju muslim wanita, parfum, skincare, make up, serta hampers.
Ada lebih dari 72 juta short video yang diunggah di TikTok oleh penjual maupun kreator di seminggu pertama Ramadan 2025. Artinya, partisipasi pengguna meningkat drastis dibandingkan tahun lalu, di mana ada jutaan short video diunggah ke TikTok sepanjang bulan Ramadan 2024, berkat "kekuatan penemuan TikTok" berupa sistem rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik, dan dukungan komunitas yang kuat, perdagangan daring menuju era "discovery e-commerce" yang memungkinkan pengguna Tokopedia dan TikTok Shop melakukan jual beli online makin aman, tepercaya, dan menyenangkan, termasuk di bulan Ramadan.
“Jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop bisa meningkatkan transaksi lewat ekosistem yang sinergis bersama TikTok melalui konten video promosi yang dibuat oleh penjual maupun jutaan kreator di TikTok. Di sisi lain, jumlah penjual di TikTok Shop menjelang Ramadan 2025 naik 40%. Untuk membantu penjual yang jumlahnya makin banyak ini meningkatkan penjualan di Ramadan, Tokopedia dan TikTok Shop kembali mengadakan Ramadan Ekstra Seru hingga 25 Maret 2025 didukung oleh kekuatan penemuan TikTok,” jelas Communications Director, TikTok Indonesia, Anggini Setiawan.
Tagar terpopuler dan fitur TikTok bikin Ramadan jadi ekstra seru
Setiap tahun, pengguna TikTok datang mencari inspirasi, berbagi informasi, dan merayakan momen spesial, seperti Ramadan. Komunitas dan kreator membuat perayaan Ramadan di TikTok lebih berwarna, mulai dengan berbagi resep takjil, ide dekorasi rumah untuk hari raya, tips tampil gaya di Ramadan, hingga rekomendasi drama serial untuk ngabuburit.
Lima tren terpopuler Ramadan 2025 bahkan telah menghasilkan lebih dari 200 ribu unggahan di TikTok pada seminggu pertama bulan puasa melalui hashtag #Bukber, #RamadanCore, #TakjilRamadan, #MenuBukaPuasa, dan #BerkahRamadhan; menunjukkan tingginya partisipasi komunitas TikTok di Indonesia selama bulan suci. (M&B/SW/Foto: Freepik)