ARCHIVE

Lebih Siap Jadi Ibu



Sebelum menjadi seorang ibu, banyak hal yang harus dipersiapan sejak hamil. Selain mental, Anda juga perlu menggali berbagai ilmu pengetahuan tentang pengasuhan Si Kecil. Pada Jumat (23/01) lalu, majalah Mother&Baby dan Pregnancy mengadakan acara New Mom's Class 2015 di Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta Selatan, yang khusus diadakan bagi ibu hamil agar lebih siap merawat bayinya saat lahir nanti.

Dalam acara yang dibuka oleh Sandra Ratnasari selaku Editor in Chief Mother&Baby dan Pregnancy ini, hadir pula dr. Margareta Komalasari, Sp.A, yang banyak membagi ilmu tentang perawatan newborn kepada para peserta. Mulai dari tips memandikan newborn, perawatan tali pusat, hingga teknik IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan manfaatnya bagi bayi.

“Saat bersalin, mintalah untuk melakukan IMD untuk mempercepat proses keluarnya ASI. IMD juga dapat menurunkan risiko kematian mendadak bayi sebanyak 22 persen, serta meningkatkan bonding antara ibu dan anak,” ungkap dr. Margareta saat acara.

Setelah itu, Bidan Hasnaria juga membagi tips kepada para peserta ibu hamil tentang teknik tepat memandikan bayi baru lahir dan teknik membedong. Menurutnya, membedong hanya berfungsi sebagai penghangat bayi saja, bukan sebagai ritual yang harus dilakukan setiap saat.

“Usahakan jangan terlalu sering membedong. Sebaiknya, membedong bayi hanya dilakukan pada malam hari. Jika cuaca dingin pada siang hari, Anda cukup memakaikan bayi pakaian yang hangat dan tertutup, tidak perlu dibedong agar ia lebih bebas bergerak,” ungkap Bidan yang akrab disapa Bidan Ria itu.

Dalam acara ini para peserta juga diajarkan bagaimana teknik dan posisi menyusui yang tepat. Selain membagi banyak ilmu, M&B dan Pregnancy juga berbagi banyak hadiah kepada para peserta melalui games, sesi tanya jawab, pemenang best tweet dan best dress, serta lucky draw. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama, dan pembagian goody bag dari Bebe Mama, NUK Indonesia, serta makan siang dari Nasi Gemes, Paradise Inn, dan Heavenly Blush. (Aulia/DT/dok.M&B)