BUMP TO BIRTH

Junkfood & Dampaknya bagi Ibu Hamil



Perempuan yang sedang hamil diharuskan untuk menjaga pola makan demi kesehatan janin. Banyak pro dan kontra mengenai makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh. Nah, bagaimana dengan makanan cepat saji atau junkfood?

Para ahli dari University of Adelaide, Australia menemukan fakta mengenai dampak junkfood terhadap ibu hamil. Bagi wanita yang mengonsumsi junkfood saat hamil, bisa membuat bayi ketagihan lemak tinggi (high fat) dan diet gula tinggi (high sugar diet) saat disapih. Namun bagaimana jika sang ibu mengidam makanan cepat saji ini?

Menurut peneliti Dr Jessica Gugusheff dari School of Agriculture, Food and Wine University of Adelaide, ibu yang mengonsumsi junkfood secara berlebihan pada masa kehamilan awal, harus cermat memerhatikan asupan nutrisi pada saat kehamilan telah menginjak usia semakin tua. Dengan demikian bisa memperkecil bahaya dan risiko bagi janin. “Makan junkfood saat usia kehamilan semakin tua lebih berbahaya daripada mengonsumsinya saat usia kehamilan masih muda,” ungkap Jessica.

(Meiskhe/DT/dok.freedigitalphotos)