BUMP TO BIRTH

Rokok saat Hamil Merusak Kesuburan Anak



Sudah banyak diketahui kebiasaan merokok dan obesitas pada ibu hamil merupakan masalah yang menimbulkan dampak buruk yang bisa dirasakan anaknya kelak, terlebih Anda yang sedang mengandung anak laki-laki. Pasalnya, sebuah penelitian asal Inggris menemukan bahwa paparan rokok pada ibu selama hamil dapat berdampak pada kesuburan anak laki-laki mereka.

Queen's Medical Research Institute di Edinburgh menyelidiki tentang masalah meningkatnya jumlah rendah sperma para laki-laki muda di Eropa. Seorang penulis studi tersebut, Profesor Richard Sharpe, menemukan bahwa paparan racun, seperti asap rokok, pestisida, dan polusi lalu lintas di dalam rahim lebih membahayakan kesuburan seorang laki-laki saat dewasa nantinya, daripada kebiasaan lainnya.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa paparan racun di rahim itu ikut memengaruhi perkembangan sel-sel Sertoli dalam tubuh bayi yang belum lahir. Sel Sertoli memainkan peran penting dalam produksi dan pematangan sel sperma di testis. Profesor Sharpe yang meneliti dampak merokok pada ibu hamil selama kehamilan, meyakini bahwa paparan racun dan bahan kimia memiliki pengaruh kesuburan terhadap anaknya saat dewasa nanti, dibanding asap rokok yang langsung terpapar pada laki-laki saat dewasa.

"Studi ini membuktikan adanya efek jangka panjang pada spermatogenesis dewasa. Eksposur rokok pada janin laki-laki dapat memiliki dampak yang besar terhadap kapasitas untuk memproduksi sperma di masa dewasa kelak. Lebih besar dampaknya dibanding kesuburan laki-laki yang terpapar asap rokok saat sudah dewasa," tulis Profesor Sharpe, dikutip dari sumber M&B UK. (Aulia/DT/dok.M&B)