FAMILY & LIFESTYLE

Meraih Mimpi Keuangan



Apa impian Anda? Bisakah Anda menjawab pertanyaan ini? Jika belum, mungkin kini saat Anda memikirkannya. Ternyata, hanya dengan impian dan tujuan yang jelas, Anda baru bisa membuat sebuah perencanaan keuangan, seperti diungkapkan oleh financial planner Prita Hapsari Ghozie, dalam bukunya Make It Happen!

Anda tak hanya berhak untuk menentukan mimpi Anda sendiri, tetapi juga mewujudkannya. Misalnya, jika Anda bermimpi memiliki rumah sendiri, maka bersegeralah menetapkan langkah-langkah konkret untuk sampai di tujuan itu.

Ada banyak tip untuk merencanakan keuangan keluarga yang dapat Anda adopsi, sehingga akan membantu Anda dalam memulai aktivitas yang bermanfaat ini. Mungkin Anda tak terlalu memperhatikan hal-hal sederhana yang ternyata sangat penting. Misalnya, Anda akan dibuat terkejut dengan jumlah uang yang bisa Anda hemat dengan keputusan untuk memberikan ASI eksklusif untuk Si Buah Hati. Ketika Anda kebingungan melakukan investasi, ternyata ada jalan mudah yang bisa membantu Anda mencari penyebab mengapa pendapatan Anda setiap bulan selalu minus dan tak bisa menabung.

Terakhir dan mungkin tidak pernah Anda pikirkan adalah mempersiapkan masa pensiun Anda. Tentu, Anda tidak mau hari tua Anda menjadi beban bagi orang-orang terkasih, bukan? Dan untuk mencapai impian kemandirian di masa senja, Anda harus memulainya dari sekarang. Cari tahu apa bedanya ketika persiapan Anda hanya sekadar menabung dan bukan berinvestasi. Ternyata, hasil yang Anda dapatkan kelak akan sangat jauh berbeda.

Jadi, sudah tentukan apa impian Anda? Jika sudah, kinilah saat mewujudkannya! (Siksta/dok.Gramedia)