FAMILY & LIFESTYLE

Tips Atasi 'Kewalahan' Bekerja



Bagi ibu bekerja, pasti pernah merasa tertekan oleh banyaknya pekerjaan rumah, maupun tugas kantor yang 'menggunung', sampai-sampai Anda bingung mana yang harus diprioritaskan. Namun, kita tentu tidak bisa melarikan diri dari tanggung jawab. Untuk mengatasi rasa 'kewalahan' dan tekanan yang membuat Anda stres, lakukan beberapa tips berikut.

1. Di antara banyaknya tugas Anda, pilih 3 pekerjaan yang paling menjadi prioritas Anda. Mungkin akan terasa sulit untuk menentukan prioritas, tetapi inilah yang harus Anda lakukan. Pertimbangkan matang-matang mana yang harus Anda dahulukan, tanpa mengurangi tanggung jawab. Anda hanya mengurutkan tugas mana yang harus Anda selesaikan lebih dulu, agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

2. Untuk sementara waktu, relakan waktu 'me time' Anda untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang menekan Anda. Tahan diri Anda dan percayalah! Anda tetap bisa melakukannya lain waktu setelah tugas-tugas penting ini terselesaikan.

3. Bekerja lebih cerdas dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Saat semua pekerjaan penting terselesaikan, kerjakan sisa pekerjaan Anda lainnya dengan hal yang lebih sulit terlebih dahulu.

4. Kerjakan tugas-tugas Anda dengan fokus dan batasi distraksi. Setiap kali terdistraksi saat mengerjakan tugas, biasanya seseorang akan membuang waktu 5-15 menit untuk mengerjakan hal lain, seperti mengecek social media, chating, mengobrol dengan orang lain, dan hal lainnya. Hindari hal tersebut karena akan mengganggu efektivitas pekerjaan Anda, serta meningkatkan risiko kesalahan. Anda pun jadi lebih sulit berkonsentrasi.

5. Bila Anda benar-benar merasa 'kewalahan', minta bantuan orang di sekitar Anda yang bisa meng-handle pekerjaan ini. Namun, perlu Anda ingat! Hal ini bukan berarti melemparkan tanggung jawab kepada orang lain, tetapi hanya membantu. (Aulia/DT/ dok.freedigitalphotos)