BABY

Langkah Pertamaku



Langkah pertama Si Kecil merupakan babak baru dalam masa tumbuh-kembangnya. Bagi sebagian besar orangtua, menyaksikan buah hati mereka mulai berjalan merupakan suatu kebahagiaan yang tak ternilai. Hal ini karena berjalan merupakan milestone penting, khususnya dalam aspek perkembangan motoriknya.

Si Kecil umumnya mulai bisa berjalan di usia 9-12 bulan.Sedangkan kemampuan anak untuk berjalan sendiri biasanya terjadi di usia 18 bulan. Untuk bisa berjalan, diperlukan proses belajar yang tidak instan. Karenanya, butuh waktu dan kesabaran dari orangtua atau pengasuh untuk menstimulasi kemampuan berjalan Si Kecil dan tidak memaksanya belajar terlalu dini.

Hal dasar dalam belajar berjalan adalah menjaga keseimbangan badan pada satu kaki ketika kaki yang lainnya diayunkan untuk melangkah tanpa terjatuh. Moms, untuk mempelajari hal yang tidak mudah ini. Si Kecil umumnya butuh waktu hampir satu tahun. Proses dan periode belajar berjalan pun tidak sama pada masing-masing anak. Karenanya, seharusnya orangtua tidak perlu cemas jika kemampuan berjalan buah hatinya terlihat tertinggal dari anak lainnya.

Dalam proses belajar berjalan, ketika Si Kecil sudah dapat melangkah tanpa berpegangan pada apa pun, cobalah sediakan mainan yang dapat ditarik atau didorong seperti Musical Lion Walker dari Fisher-Price. Sambil mengajarinya berjalan, Anda juga dapat bermain ‘kereta-keretaan’ sambil diiringi musik dari mainan berbentuk kepala singa ini.

Bicara soal langkah pertama, semua orangtua pasti tak sabar untuk menyaksikan kebisaan baru Si Kecil. Namun perlu diingat bahwa yang dibutuhkan anak bukanlah hasil yang cepat. Yang ia butuhkan adalah proses pembelajaran yang baik, dengan orangtua berperan penting di dalamnya. Yuk, simak beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua untuk mendukung proses belajar berjalan Si Kecil!

  1. Sediakan ruang yang cukup luas dan aman bagi anak untuk bergerak. Pastikan tidak ada benda yang dapat membuat anak tersandung, seperti rentangan kabel atau pinggiran karpet. Pasang pelindung di ujung meja. Pastikan pula semua furnitur cukup kokoh untuk menjadi pegangan anak ketika mencoba berdiri.

  2. Singkirkan semua benda yang berisiko dapat menimpa anak. Biasanya saat mulai merambat, ia juga akan tertarik pada benda yang dia lihat di atas meja atau lemari. Jadi, simpan dan jauhkan vas hias kesayangan Anda dari jangkauan anak.

  3. Ketika anak sudah mulai merambat, beri dorongan agar mereka belajar melepas pegangannya secara perlahan. Berlututlah di dekat anak dalam jarak yang tidak terlalu jauh lalu rentangkan tangan Anda ke arah anak. Panggil namanya dan ajak Si Kecil untuk mendekat.

  4. Berjalan merupakan pencapaian besar bagi anak. Oleh karena itu, beri apresiasi yang bermakna pada anak, misalnya beri pujian “Wah! Hebat anak Mama sudah bisa berdiri!” Tunjukkan ekspresi bahagia Anda pada Si Kecil. Ketika ia terjatuh, berikan dorongan untuk bangun lagi dan anggap ini hal biasa dalam belajar. Yang paling penting, hindari khawatir yang berlebihan ketika Anda menemaninya belajar berjalan.

  5. Latihan otot-otot kaki dibutuhkan anak untuk berjalan. Ada beberapa latihan otot kaki yang bisa dilakukan, misalnya jongkok, naik turun tangga dengan bantuan, berjalan menyamping, dan berenang.

  6. Ciptakanlah suasana menyenangkan saat Si Kecil sedang belajar berjalan. Nah, untuk menciptakan suasana menyenangkan bagi Si Kecil ketika mereka sedang belajar berjalan, Anda dapat mencoba cara-cara yang menarik seperti menyalakan musik kesukaan anak, lalu ajak mereka menari sembari melangkahkan kaki ke depan atau ke belakang. Moms juga bisa mengajak anak bermain di luar ruangan agar kakinya mengenali dataran lain selain lantai rumahnya, seperti hamparan rumput atau pasir pantai. Happy walking!

Tentang Fisher-Price®Musical Lion Walker:

Mainan ini dilengkapi dengan fitur "grow-with-me" serta lampu, suara dan 8 aktivitas berbeda yang bisa dilakukan, Fisher-Price Musical Lion Walker yang dapat membuat bayi yang lebih mudah untuk duduk dan bermain, seperti memukul, berputar, membalik, menekan, mengetuk, menggeser, dan bermain cilukba di cermin. Jika bayi sudah bisa menarik objek, berdiri, dan berjalan, sahabat singa yang kokoh dan berani ini dapat memantapkan langkah-langkah pertama bayi. Lampu, suara, dan musik akan hidup secara bersamaan ketika bayi mendorong singa.


Fisher-Price® Musical Lion Walker: IDR 499.900, -

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Musical Lion Walker, klik: http://www.fisher-price.com/id_ID/product/81805

(Imee Siregar/ OCH/ Image: Fisher-Price)