TODDLER

Manfaat Mewarnai Bagi Balita



Menginjak usia setahun, Si Kecil sudah bisa mengontrol tangannya. Kemampuan motorik halusnya pun berkembang lebih baik, sehingga ia dapat menggenggam pensil warna atau crayon untuk menggambar dan mewarnai. Saat melakukan kedua aktivitas tersebut, ia biasanya akan merepresentasikan kebahagiaan masa kecilnya. Melalui karya yang dihasilkan, Anda pun dapat mengetahui banyak hal, dari kepribadian, perkembangan artistik dan intelektual, keahlian berkomunikasi, emosi, serta ekspresi yang ingin disampaikan Si Kecil kepada Anda.

Dilansir melalui situs Voices of Youth, ada beberapa manfaat mewarnai bagi anak-anak, yaitu:

1. Menjadi lebih ekspresif. Mengingat kemampuan bahasa dan gerak-gerik Si Kecil masih terbatas, ia pun akan mendeskripsikan perasaannya dengan lebih baik melalui gambar dan warna.
2. Berlatih menyelesaikan masalah. Mulai dari menentukan warna apa yang ingin digunakan, hingga bagian mana dulu yang ingin diwarnai.
3. Meningkatkan kepercayaan diri. Ketika Si Kecil sudah menyelesaikan gambarnya, ia tentu akan bangga dan menunjukkan hasil karyanya kepada Anda.
4. Meningkatkan imajinasi. Ketika Si Kecil mewarnai, ia berimajinasi dan menuangkan seluruh imajinasinya ke gambar yang diwarnai. Ia pun akan tumbuh menjadi anak yang kreatif.
5. Meningkatkan keahlian motorik. Bagi balita, terutama di usia 1-2 tahun, menggambar dan mewarnai dapat melatih otot-otot tangan, serta jarinya untuk bekerja lebih baik.
6. Membuat lebih fokus. Menuangkan imajinasi warna ke dalam sebuah gambar tentu tidak mudah, bahkan untuk orang dewasa. Karenanya, Si Kecil pun jadi terlatih untuk fokus mewarnai gambarnya sampai selesai.

Banyaknya manfaat mewarnai bagi Si Kecil membuat Mother&Baby Fair 2015 mengadakan kompetisi Coloring Competition with Enfagrow A+ di Jakarta. Total 100 peserta memadati Balai Kartini pada Sabtu pagi (17/10) untuk mengikuti acara ini. Semua anak tampak semangat dan serius saat mewarnai, serta tidak rewel meski tidak didampingi oleh orangtuanya. Setelah kompetisi selesai, para juri, yaitu Sandra Ratnasari, Editor in Chief Mother&Baby Indonesia, Susan Ernawati, Marketing Manager Enfagrow A+, dan Palupi R. Nuswandana, Marketing Communication Manager Mother&Baby Indonesia, memilih 3 gambar terbaik dan mengumumkan siapa yang menjadi juaranya.

Pemenang pertama jatuh kepada Afkar Muhammad Zhafran dan berhak mendapatkan hadiah uang senilai Rp 2.500.000, piala, serta paket dari Enfagrow A+. Delphina El Fadli terpilih sebagai pemenang ke-2 dan mendapatkan hadiah uang senilai Rp 1.500.000, piala, serta paket dari Enfagrow A+. Sementara, Attaullah Byan Khuzaini keluar menjadi pemenang ke-3 dan mendapatkan hadiah uang senilai Rp 1.000.000, piala, serta paket dari Enfagrow A+. Selamat, ya! (Sagar/DC/Dok. M&B)