BUMP TO BIRTH

Kacang Cegah Alergi?



Mungkin Anda pernah mendengar tentang larangan mengonsumsi kacang saat hamil, karena bisa meningkatkan risiko alergi pada janin. Hal tersebut ternyata keliru, seperti diungkapkan oleh para peneliti asal Swedia. Mereka membuktikan hal sebaliknya-- konsumsi kacang saat hamil malah mampu menurunkan risiko alergi sampai 3 kali lipat.

Temuan yang dilaporkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology ini mengungkapkan, konsumsi kacang oleh bumil dapat mengurangi kemungkinan alergi dan asma pada anak yang dilahirkan. “Konsumsinya 1 kali atau lebih per minggu sewaktu hamil ternyata mengurangi risiko alergi pada masa kanak-kanak kelak,” ujar Ekaterina Maslova, Kepala Peneliti Statens Serum Institute, Copenhagen.

Sebelumnya, bumil disarankan untuk menghindari kacang, karena dianggap mengakibatkan risiko alergi pada bayi. Namun, pada 2009, Food Standards Agency di Inggris meralatnya dengan mengeluarkan pernyataan bahwa konsumsi kacang tidak memiliki efek alergi. Faktanya, kacang mengandung protein dan asam folat yang dibutuhkan saat hamil. (Gita/DMO/Freedigitalphotos.net)