BUMP TO BIRTH

Mitos dan Fakta Pemenuhan Cairan saat Hamil



Ada begitu banyak fakta dan mitos kehamilan yang beredar, salah satunya mengenai hidrasi atau kebutuhan cairan. Di antaranya, benarkah minum air es saat hamil membuat bayi lahir besar atau apakah minum air kelapa hijau dapat menyebabkan bayi lahir botak. Para ahli yang terdiri dariSudung O. Pardede, Hardisyah, Parlindungan Siregar, dan Budi Iman Santoso memberikan jawabannya melalui bukuMitos atau Fakta Air dan Hidrasi.

Minum air es ketika hamil, bayi yang lahir akan besar?
Bayi yang lahir besar berhubungan dengan genetik dan penyakit yang dimiliki ibu, nutrisi, kehamilan lebih bulan (postmatur). Jadi, tidak ada hubungannya dengan minum air es saat hamil.

Minum air kelapa hijau ketika hamil, bayi yang lahir akan botak atau kulitnya putih?

Bayi yang lahir dengan kebotakan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk genetik, obat- obatan, nutrisi, hormonal, dan lain-lain. Sementara, warna kulit bayi dipengaruhi faktor genetik.

Minum minyak kelapa dapat memudahkan persalinan?

Persalinan dipengaruhi kekuatan ibu, besar panggul, dan besar bayi yang proporsional dengan ukuran panggul. Minyak kelapa yang diminum akan dicerna usus dan dikeluarkan melalui anus. Hingga saat ini, belum ada bukti yang mengungkapkan kaitan antara minyak kelapa dengan kemudahan persalinan.(Meiskhe/DC/Dok. Mother&Baby UK)