BUMP TO BIRTH

Kenali Si Kecil Lewat Tendangannya



Saat pertama kali bayi menendang di dalam perut Anda adalah momen yang tidak terlupakan. Selain bagian dari bonding, tahukah Anda kalau ia bisa dipantau dari tendangan dan gerakan-gerakannya selama dalam kandungan?

Jangan Membandingkan

Si Kecil akan mulai menendang antara minggu ke-15 sampai minggu ke-22 pada kehamilan pertama. “Jika ini kehamilan ke-2, Anda dapat merasakan tendangannya lebih awal,” kata bidan Anna Nella, seperti dilansir dari Mother&Baby UK.

Walau ada pendapat bahwa bayi seharusnya menendang 10 kali dalam 2 jam, ahli medis mulai meninggalkan fakta ini. “Jangan fokus pada jumlah tendangan bayi per jam, melainkan pada pola gerakannya. Amati hal tersebut dan hubungi bidan jika ada perubahan," lanjut Anna.

Selain itu, jangan pula Anda membandingkan jumlah tendangan Si Kecil dengan janin lainnya. “Tidak ada gunanya membandingkan itu. Ini bukan waktunya untuk berkompetisi,” tegas Anna.

Si Kecil Memberikan Pesan kepada Anda

Pada minggu ke-32, Anda juga dapat mengetahui kapan Si Kecil biasa tidur melalui tendangannya. “Pola tidurnya bisa berbeda dengan Anda. Jadi waktu Anda tidur, bisa saja ia baru bangun dan mulai menendang,” kata Anna.

Mulai dari minggu ke-32 Si Kecil pun akan mulai memberikan respons saat mendengar suara. “Jika Anda menonton acara TV tertentu setiap hari, bisa jadi itu akan menjadi acara favoritnya juga. Si Kecil akan jadi lebih sering menendang karena ia menyadari suara yang berasal dari TV,” jelas Anna.

Ketahui Posisi Tubuhnya

Di minggu ke-36, Si Kecil mulai kehabisan ruang untuk bergerak karena ia bertambah besar. Posisi kepalanya pun mulai stabil di atas atau di bawah, dan Anda bisa merasakannya lewat tendangannya. Anna mengungkapkan, “Jika kepala Si Kecil ada di bawah, Anda akan merasakan tendangannya di bawah tulang rusuk Anda.” (Nadia/AS/Dok. M&B)