FAMILY & LIFESTYLE

Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Memilih Perusahaan



Ketika Anda memutuskan untuk mencari pekerjaan baru, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih perusahaan yang sesuai. Selain tingkat penghasilan, gaya komunikasi dan budaya perusahaan turut menjadi faktor penentu kenyamanan kerja. Namun sayangnya informasi yang dibutuhkan tidak selalu mudah didapatkan. Sebagian besar informasi, baik yang diperoleh di internet mau pun proses interview hanya memberikan sedikit dari gambaran perusahaan. Tetapi jika Anda teliti, sebenarnya proses lamaran kerja hingga interview dapat mengungkapkan lebih banyak informasi yang dibutuhkan untuk bahan pertimbangan. Nah, perhatikan 5 hal di bawah ini untuk menentukan perusahaan yang paling sesuai dengan diri Anda.

1. Deskripsi Pekerjaan
Salah satu cara paling ampuh untuk mengetahui pendekatan perusahaan adalah dengan melihat deskripsi pekerjaan. Sebenarnya deskripsi pekerjaan merupakan sarana bagi perusahaan untuk menarik perhatian pelamar kerja. Sayangnya, sebagian besar perusahaan melupakan kesempatan ini dengan hanya menuliskan apa yang dibutuhkan perusahaan dari pelamar. Perusahaan yang memberikan perhatian lebih dengan membagikan informasi mengenai perkembangan perusahaan, budaya kerja, fasilitas dan keutungan bila bergabung pada bagian ini, menunjukkan bahwa perusahaan tersebut menghargai pegawainya.

2. Gaya Komunikasi
Ketika mengirim surat lamaran, Anda akan terlibat komunikasi baik dengan HRD ataupun manajer. Siapa pun yang Anda temui, perhatikan beberapa hal seperti ketepatan waktu dan pendekatan yang digunakan. Apakah perusahaan memberikan kabar dalam jangka waktu yang masuk akal? Lalu, apakah Anda merasa nyaman dengan gaya bicara berbagai pihak yang Anda temui? Kedua hal ini dapat memberikan gambaran mengenai karakter dari rekan kerja atau bahkan manajer Anda kelak.

3. Observasi proses interview
Proses interview adalah kesempatan paling besar untuk mengobservasi lingkungan kerja. Amati cara perusahaan menangani keseluruhan proses interview, mulai dari fokus masing-masing tahap, hingga pihak-pihak yang Anda temui. Apakah Anda mengetahui akan bertemu dengan siapa di tahap selanjutnya atau malah dirahasiakan? Manajemen yang baik juga ditandai dengan kesinambungan pertanyaan dalam setiap tahap. Pertanyaan yang berulang-ulang tanpa arah yang jelas menunjukkan sistem pengelolaan perusahaan yang kurang baik.

4. Tes
Dalam proses interview, seringkali Anda diminta untuk mengerjakan beberapa tes sehubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Hal yang paling penting dalam memilih perusahaan adalah minat pada pekerjaan Anda kelak. Tes yang diberikan sering kali mengindikasikan tugas-tugas rutin yang perlu dikerjakan setelah bergabung dengan perusahaan. Jika Anda cenderung menyukai tes-tes yang diberikan, maka ini adalah pertanda baik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

5. Pengalaman Pegawai
Pada tahap wawancara, sering kali diberikan kesempatan untuk bertanya. Jangan sia-siakan kesempatan ini! Tanyakan mulai dari program pengembangan karyawan, work-life balance, fleksibelitas waktu, dan lain-lain. Agar memperoleh jawaban yang lebih spesifik, ajukan pertanyaan seperti cara perusahaan dalam menyampaikan kabar buruk terkait bisnis perusahaan, perubahan yang telah terjadi pada perusahaan selama ini, dan hal yang menjadi perhatian utama dalam rapat terakhir pewawancara.

Good luck! (ClaudiaCarla/Meiskhe/HH/dok.Freepik)