BABY

Stimulasi Perkembangan Bayi dengan Cara Bermain



Moms, tanpa kita sadari, Si Kecil yang beberapa waktu lalu lahir, kini “tiba-tiba” beranjak makin besar, ya. Wah! Memang pertumbuhan bayi sangat cepat. Selama 6 bulan pertama sejak lahir, Anda akan merasa takjub melihat kemampuan baru Si Kecil. Misalnya, ia berhasil menemukan jari kaki dan tangannya, ia sudah pandai menggapai dan meraih sesuatu, ia mampu menegakkan kepala, serta melihat ke sekeliling. Ia bahkan dapat berguling dari satu sisi ke sisi yang lain dan berkomunikasi lewat beragam tangisan serta bunyi.


Nah, untuk mendukung perkembangan yang pesat tersebut, penting bagi Anda untuk menstimulasi kemampuannya dengan berbagai permainan. Stimulasi tersebut juga akan membantu Anda untuk memelajari sisi emosionalnya. Seperti kita tahu, beberapa bayi senang melonjak-lonjak dan bermain tanpa henti, sementara bayi lainnya lebih tenang dan tampak nyaman dengan kesunyian di sekelilingnya. Ada pula bayi yang menikmati kehebohan di tengah keluarga, sedangkan yang lain mungkin merasa stimulasi berlebihan hanya membuatnya lelah, sehingga mudah sekali rewel.


Hal penting lainnya, bermain dengan bayi sangat penting untuk menguatkan ikatan antara bayi dan keluarganya, terutama Anda. Jangan lupa untuk memelajari waktu yang ia sukai untuk bermain. Di masa ini, biasanya bayi juga menyukai musik, irama, dan suara. Coba ajak ia bermain cilukba dan buatlah permainan sederhana lainnya agar Anda semakin mengenal satu sama lain.


Selamat bermain dengan Si Kecil, Moms! (Aulia/DC/HH/Dok.freepik.com)