BUMP TO BIRTH

Menghitung Tendangan Bayi di dalam Perut



Pada minggu ke-18 sampai 20 minggu, Anda akan merasakan bahwa bayi Anda bergerak dan menendang lebih banyak pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Misalnya, saat Anda sedang aktif bekerja, sedang menonton TV, bahkan saat Anda tidur.

Jangan panik jika Anda tidak yakin dengan perasaan Anda. Selama beberapa minggu, mungkin sulit untuk membedakan antara gerakan perut atau gerakan bayi. Namun, perlahan Anda akan mudah membedakan dan mengetahui gerakan bayi. Anda dapat menyisihkan waktu untuk berkonsentrasi pada gerakan dalam perut berupa tendangan, gesekan, bergulung.

Seperti apa Rasanya Bayi Menendang?

Anda akan merasakan geli yang berasal dari dalam perut. Gerakan ini sangat lembut pada minggu ke-16. Dan akan semakin terasa tendangan bahkan Anda dapat merasakan pantat bayi saat bayi bergulung di minggu ke-30an.

Mengapa Perlu Menghitung Tendangan Bayi?

The American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan 10 gerakan dalam waktu 10 menit hingga 2 jam untuk menurunkan bayi lahir mati. Dilaporkan bahwa 1 dari 160 wanita hamil telat merasakan janin yang tidak bergerak. Dengan menghitung gerakan janin terutama pada minggu ke-28 dan seterusnya, akan memudahkan Anda mengetahui peningkatan dan pengurangan gerakan.

Cara Menghitung Gerakan Janin

1. Mengetahui kapan waktu bayi aktif

Anda dapat mengetahui aktifnya bayi dari gerakannya. Biasanya bayi akan aktif di malam hari, dan akan istirahat saat siang hari. Untuk itu, coba 'memancingnya' saat malam dengan beberapa gerakan ketukan, mengelus bahkan mengajak ngobrol.

2. Menentukan posisi

Terkadang bayi akan menendang saat Anda dalam posisi tidur dan miring ke kanan ataupun ke kiri. Namun, bila tidak juga muncul tanda gerakan, cobalah untuk duduk dan rileks.

3. Berapa banyak gerakan yang perlu dihitung?

Setiap bayi memiliki gerakan yang berbeda. Terkadang dalam waktu 10 menit, Anda sudah merasakan 10 kali gerakan, namun ada juga yang baru bisa merasakan 10 gerakan dalam waktu 2 jam bahkan lebih. Bila pada minggu ke-30 Anda mulai merasa gerakan bayi berkurang, segera hubungi dokter untuk mengetahui keadaan dalam janin. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)