TODDLER

Mengajari Si Kecil Bersepeda Roda Dua



Mengajari Si Kecil mengendarai sepeda roda dua mungkin hampir sama sulitnya dengan mengajarinya berjalan. Butuh kepercayaan diri dan keberanian dari dirinya untuk menguasai teknik bersepeda. M&B akan sajikan langkah-langkah mengajari Si Kecil bersepeda (tanpa training wheels!) dengan metode dari Breen Goodwin, Education Director dari Bicycle Coalition for Better Philadelphia.

Persiapan
1. Sepeda dengan rem tangan dan kaki.
2. Helm.
3. Sepatu nyaman.
4. Kunci inggris untuk melepas pedal.
5. Jalan dengan sedikit turunan.

Lepas kedua pedal sepeda dan atur posisi dudukan hingga kedua kaki Si Kecil mampu menjejak tanah dengan mantap.

1.Posisikan Si Kecil di bagian teratas dari turunan, dan Anda menunggu satu meter di depannya. Minta ia untuk menjejakkan kakinya, sehingga sepeda bergerak turun.

Sedikit demi sedikit, jauhkan jarak Anda darinya untuk melatih kontrolnya terhadap gerak sepeda tersebut. Ia harus menjejakkan kakinya beberapa kali untuk sampai kepada Anda.

2.Sekarang, ajarkan Si Kecil latihan menyeimbangkan sepeda dengan cara menggerakkan gagang sepeda ke kiri dan ke kanan tanpa menjejakkan kakinya.

3.Saatnya belajar menggunakan rem. Mintalah Si Kecil untuk maju, kemudian menekan rem tangan kanan dan kiri saat kecepatan sepeda berkurang. Berilah aba-aba dari hadapannya. Latih tahap ini hingga Si Kecil mampu mengendalikan laju dan henti sepedanya dengan lancar.

4.Pasang kembali kedua pedal sepeda. Ajarkan Si Kecil menginjak pedal kanan saja, dengan kaki kiri mengikuti ayunan pedal. Pada tahap ini, kemungkinan besar Si Kecil akan terjatuh, karena ia harus membagi konsentrasi antara mengayuh dengan menjaga keseimbangan. Teruslah menyemangati Si Kecil untuk melatih tahap ini.

5.Setelah ia mahir mengayuh pedal, latih ia untuk mengayuh, berhenti mengayuh, kemudian memberhentikan laju sepeda dengan rem. Bergeserlah ke kiri atau kanan Si Kecil, dan minta ia menjalankan sepedanya ke arah Anda. Perlahan, ia pun akan belajar mengurangi kecepatan dan mengatur arah sepedanya. Setelah lancar pada tahap ini, naikkan sedikit dudukannya, dan Anda pun sudah bisa bersepeda beriringan bersama Si Kecil. Selamat bersepeda! (Susan/freedigitalphotos)