Pada tanggal 12 September 2018 lalu, theAsianparent di bawah naungan Tickled Media mengungkapkan hasil riset tahunannya, yaitu “Indonesian Digital Mums (IDM)”. Riset ini mengangkat tren perilaku online lebih dari 1.000 ibu-ibu digital masa kini. Hasilnya adalah 99% ibu di Indonesia menjadi penentu belanja rumah tangga. Menurut Roshni Mahtani, Founder dan CEO Tickled Media, “Ibu-ibu di Indonesia mewakili segmen pasar yang menarik bagi berbagai industri. Seperti ibu-ibu di negara Asia Tenggara lainnya, ibu di Indonesia semakin aktif mengonsumsi internet dan semakin cerdas secara digital”.
Tidak hanya itu saja, penggunaan internet pada ibu digital masa kini kian meningkat dan kebiasaan menonton TV menurun. “Sekarang smartphone merupakan gadget paling penting bagi seorang ibu digital. Mulai dari membaca, berkomunikasi hingga memonitor anak, semua bisa dilakukan melalui ponsel mereka,” ujar Putri Fitria, Head of Content Tickled Media. Hasil dari riset Indonesia Digital Mums tahun ini menyatakan bahwa ibu di Indonesia memengaruhi belanja rumah tangga sebesar 99%, meningkat dari hasil survei tahun lalu. Bahkan ibu-ibu zaman now memiliki sebutan Chief Household Officer (CHO), yaitu pembuat keputusan utama untuk pembelian keperluan di rumah mereka. Biasanya ibu berbelanja online 2-3 kali sebulan dengan produk anak-anak mendominasi. Dan social media yang paling banyak digunakan ibu zaman now adalah Instagram. Nah, apakah Anda termasuk CHO, Moms? (MA/SW/Dok. theAsianparent)