BUMP TO BIRTH

Atasi Rasa Cemas Sebelum Bersalin



Mendekati hari kelahiran Si Kecil, banyak bumil yang merasa cemas tentang adanya proses persalinan yang membahayakan nyawa ibu dan anaknya. Memang, persalinan bukan hal yang mudah untuk dilalui. Namun, singkirkan rasa takut itu, Moms, dan coba beberapa cara berikut seperti yang dilansir Fox News.


1. Cari tahu tentang serba-serbi persalinan
Menurut Tara Owens Shuler, Presiden Lamaze International, saat mengetahui diri Anda hamil sebaiknya Anda segera mencari tahu untuk mencegah persalinan yang tak diinginkan. Misalnya, mengikuti kelas senam bumil, mengonsumsi makanan sehat, hingga memilih metode persalinan yang tepat dengan kondisi Anda.


2. Pilih ahli medis yang andal
Memilih 'pelayan' medis mulai dari rumah sakit, hingga dokter dan perawat, merupakan hal yang akan membuat Anda merasa nyaman saat bersalin. “Sebaiknya ajukan pertanyaan yang bisa meyakinkan Anda bahwa tempat itu akan membantu Anda melahirkan dengan baik,” ungkap Shuler.


3. Latihan rileksasi
Latihan pernapasan dalam, rileksasi otot progresif, dan meditasi kesadaran, bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran Anda. Anda bisa mengikuti kelas yoga untuk ibu hamil, atau gerakan salat, juga bisa membantu.


4. Cerdas menyaring cerita
Pengalaman melahirkan teman Anda yang terdengar menyeramkan mungkin akan membuat Anda semakin merasa khawatir. Bila hal tersebut meningkatkan rasa was-was Anda, segera hindari mendengarkan cerita-cerita itu.


5. Memahami proses persalinan
Persalinan bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Anda sebaiknya bersyukur bisa bertemu dengan 'seseorang' yang menendang-nendang perut Anda. Bayangkan wajah lucunya untuk mengurangi rasa sakitnya. Selain itu, proses bersalin tidak seperti jenis nyeri lainnya. Rasa nyeri selama melahirkan merupakan hal yang bisa dibanggakan dan dijalani, karena Anda seorang ibu. (Gita/DMO/Dok.M&B)