BUMP TO BIRTH

Ketika Kesulitan BAB Pasca Melahirkan Normal



T: Saya tidak bisa BAB (Buang Air Besar) setelah melakukan persalinan normal. Apakah ini hal wajar? Kira-kira apa penyebabnya? Adakah cara yang dapat saya lakukan agar dapat kembali lancar BAB?

J: Moms yang baru melahirkan secara normal biasanya secara psikis agak khawatir jika mau BAB karena takut jahitannya akan terbuka. Selain itu, rasa nyeri di sekitar daerah perineum (vagina dan anus) akibat ambeien juga membuat Moms ingin menunda BAB.

Maka, menjadi hal wajar jika Anda tidak akan BAB selama 2-3 hari pasca melahirkan. Gangguan pencernaan ini tergantung pada seberapa besar usus Anda dan seberapa kuat otot-otot perut Anda. Padahal, jahitan yang Anda dapatkan sudah dibuat sangat kuat untuk menahan tekanan besar, seperti BAB.

Beberapa faktor inilah yang kemudian membuat Moms susah BAB setelah melahirkan. Sebagai solusinya, dokter akan memberikan cairan laksansia untuk melunakkan feses. Feses yang lunak akan membuat proses mengejan tidak terlalu susah dan tidak menimbulkan nyeri.

Umumnya seorang ibu sudah bisa kembali BAB setelah 1-2 hari pasca persalinan normal. Tentunya hal ini tergantung juga dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, minum air putih yang cukup juga membantu melancarkan masalah pencernaan ini.

(Dijawab oleh dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG dari MRCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta)

(M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)