ARCHIVE

Cek Kesehatan Si Kecil Lewat Kuku



Tahukah Anda? Kuku Si Kecil ternyata bisa dijadikan alternatif untuk mengetahui apakah tubuhnya sehat atau sedang terserang suatu penyakit. Jika Si Kecil dalam kondisi baik-baik saja, kukunya akan cenderung halus, agak melengkung, dan berwarna merah muda. Sementara kondisi kuku yang menandakan tubuhnya sedang tidak sehat adalah sebagai berikut.


Warna
Ada 3 warna kuku yang menyiratkan Si Kecil terkena suatu penyakit, yakni semburat biru yang menunjukkan oksigen dalam darah tidak tercukupi dengan baik atau juga adanya masalah jantung. Sementara kuku pucat biasanya mengindikasikan anemia dan bila terlihat garis-garis gelap atau bintik-bintik, bisa jadi Si Kecil terkena penyakit kronis, seperti psoriasis, gagal ginjal, dan kelainan genetik tertentu.


Ukuran
Apabila kuku Si Kecil memiliki bentuk seperti punggung sendok teh dan ukurannya tidak biasa, bisa jadi ia mengidap penyakit, seperti paru-paru kronis, jantung, beberapa jenis kanker, dan infeksi.


Lengkungan
Jika Si Kecil memiliki lengkungan berlebihan pada pangkal dan ujung kukunya, mungkin saja itu indikasi kalau ia terkena penyakit TBC, emfisema, dan penyakit hati. Segera bawa Si Kecil ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, jika ia memiliki kuku seperti di atas.(Dina/OCH/Dok.Freedigitalphotos)