BUMP TO BIRTH

Nutrisi Terbaik untuk Ibu Menyusui



Moms, selama menyusui buah hati Anda, ingat juga untuk selalu memenuhi nutrisi harian dengan baik, agar Anda bisa menghasilkan ASI berkualitas bagi Si Kecil. Karena, kualitas ASI yang baik tentu akan membuat tumbuh kembang bayi menjadi baik pula.

Sebenarnya, secara alami ASI sudah mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan bayi. Namun, kuantitas konsentrasinya dalam ASI sangat dipengaruhi oleh pola makan ibu. Untuk itu, penting bagi Moms mengetahui apa saja nutrisi wajib yang harus didapatkan seorang ibu menyusui, seperti berikut ini.


Protein

Protein merupakan zat gizi penting yang diperlukan dalam membangun dan memperbaiki berbagai jaringan dalam tubuh. Bagi ibu menyusui, protein juga dibutuhkan guna membantu pemulihan setelah kehamilan dan persalinan. Protein juga berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda di awal-awal masa kehidupannya. Moms bisa mendapatkan protein dari daging, ayam, ikan dan seafood, telur, keju, susu, yoghurt, dan sumber protein lainnya.


Lemak

Selain untuk tubuh, lemak juga diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun, Moms sebaiknya mengonsumsi lemak yang tidak jenuh. Ini bisa Anda peroleh dari alpukat, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden, mackarel), kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain itu, lemak yang ada dalam ikan berlemak juga mengandung asam lemak omega-3 yang mendukung pertumbuhan otak bayi.


Vitamin

Ibu menyusui butuhkan lebih banyak vitamin C yang berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Vitamin ini juga penting bagi pertumbuhan tulang, gigi, dan kolagen. Moms bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai sayur dan buah, seperti brokoli, kubis, jeruk, apel, mangga, dan lain-lain. 

Vitamin E juga akan membantu Anda mencegah gangguan anemia setelah melahirkan. Selain itu, vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan otot, sistem kardiovaskular, dan sistem saraf. Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin E misalnya kacang almond, bayam, alpukat, dan brokoli.


Mineral

Selain vitamin, ibu menyusui juga harus memenuhi kebutuhan mineral lebih banyak daripada biasanya. Jenis mineral yang penting untuk ibu menyusui adalah kalium dan magnesium. Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Pada saat menyusui, Anda membutuhkan lebih banyak cairan karena Anda memproduksi ASI setiap harinya. Peningkatan kebutuhan cairan ini diikuti dengan peningkatan kebutuhan kalium untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kalium bisa Anda dapatkan dari makanan seperti kentang, pisang, alpukat, kacang almond, dan lainnya.

Saat menyusui, tubuh juga memerlukan 2-3 kali lebih banyak asupan magnesium, dan tubuh akan menyerap magnesium 50 persen lebih tinggi pada masa ini. Makanan yang mengandung magnesium contohnya adalah kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan susu beserta produk olahannya.


Cairan Tubuh

Kebutuhan cairan ketika menyusui naik pesat dari kebutuhan cairan pada orang biasa. Karena saat Moms menyusui, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang akan mempercepat munculnya rasa haus. Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan dehidrasi dan berisiko pada kesehatan Anda. Karena itu, minumlah air putih secara teratur tanpa harus menunggu rasa haus terlebih dahulu. 


Cara Mudah Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Untuk mempermudah Moms memenuhi kebutuhan nutrisi harian, HydroMamma bisa menjadi sahabat menyusui Anda. HydroMamma diformulasikan khusus menggunakan bahan-bahan alami tanpa menggunakan zat pemanis dan pewarna buatan sehingga aman untuk ibu menyusui dan bayinya.


HydroMamma juga bisa menjadi alternatif minuman yang baik untuk dikonsumsi dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Produk ini dapat memenuhi kebutuhan cairan untuk mendukung produksi ASI yang lancar.

Selain itu, HydroMamma juga sangat bagus dikonsumsi oleh Anda yang sedang merencanakan kehamilan, ibu hamil, dan ibu yang aktif. Kandungan tinggi asam folat dan vitamin C di dalamnya sangat dibutuhkan sebagai nutrisi penting.

HydroMamma mengandung kalium yang berguna untuk mencegah terjadinya gangguan otot, menstabilkan tekanan darah, dan mengatur kontraksi jantung; serta magnesium untuk menjaga otot dan saraf berfungsi dengan normal, menjaga irama detak jantung, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan menguatkan tulang.

Dibandingkan produk minuman lainnya, HydroMamma mengandung kalori lebih rendah, yaitu 58 kj per 100 ml. Kandungan gulanya pun rendah, yaitu ±3 gr per 100 ml. Varian rasanya juga sangat beragam Moms, seperti Mixed Berry, Coconut, Blackcurrant, Orange, Lemon, dan Roasted Coffee. Untuk mengetahui lebih jauh tentang produk ini, Moms bisa follow akun instagramnya di @hydromamma.

Yuk Moms, minum HydroMamma dan dapatkan manfaat nutrisi di dalamnya! (Binar MP/SW/Dok. Freepik, HydroMamma)