BUMP TO BIRTH

Catatan Penting Calon Ibu



Minggu dan bulan pertama pada kehamilan adalah saat yang menarik sekaligus melelahkan. Sebagai awal yang baik untuk calon ibu, beberapa daftar panduan penting harus Anda perhatikan. Lakukanlah beberapa hal berikut.

1. Rutin memeriksakan kehamilan

Setelah Anda dinyatakan hamil, Anda mulai wajib memeriksakan kandungan dengan bidan atau dokter secara rutin. Waktu pemeriksaan antenatal pertama baik dilakukan pada saat usia kehamilan antara 10 dan 12 minggu. Saat pemeriksaan, akan ditanyakan hal-hal riwayat kesehatan dan gaya hidup Anda. Anda juga akan diberi informasi tentang bagaimana menjaga diri selama hamil, seperti mengonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas olahraga yang aman untuk kehamilan. Selain itu, tekanan darah akan diperiksa, tinggi badan dan berat badan Anda pun akan diukur. Pengukuran ini dilakukan untuk menghitung indeks massa tubuh Anda.

2. Konsumsi suplemen asam folat

Anda harus mulai mengonsumsi suplemen asam folat harian. Asam folat merupakan nutrisi penting yang akan melindungi bayi Anda dari masalah otak dan sumsum tulang belakang. Selain asam folat, Anda juga perlu mengonsumsi kandungan 10 mcg vitamin D setiap harinya. Anda dapat mengonsumsi multivitamin kehamilan sesuai dengan anjuran dokter.

3. Konsultasi sebelum mengonsumsi obat

Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan. Beberapa jenis obat mungkin berbahaya bagi calon bayi Anda. Selalu konsultasikan hal ini kepada bidan atau dokter Anda.

4. Hindari rokok dan alkohol

Selain membahayakan kesehatan Anda, rokok juga dapat menyebabkan keguguran. Asap rokok yang Anda hirup juga dapat memengaruhi pertumbuhan Si Calon Bayi, sehingga berisiko memiliki berat lahir rendah.
Selain rokok, banyak ahli menyarankan bumil untuk menghindari alkohol selama kehamilan. Jika Anda memutuskan untuk minum alkohol saat sedang hamil, usahakan masih dalam takaran ringan, dan tidak lebih dari 1-2 kali dalam seminggu.

5. Kurangi kafein

Anda masih dapat menikmati secangkir kopi selama kehamilan. Namun, Anda hanya boleh mengonsumsi kafein sejumlah 200 mg sehari. Mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg sehari saat hamil dapat meningkatkan risiko keguguran.

6. Pelajari makanan yang aman dikonsumsi

Diet yang sehat dan seimbang akan mengakomodasi semua nutrisi yang Anda dan janin butuhkan. Mulai biasakan mengonsumsi makanan yang baik saat hamil. Anda harus menghindari makanan tertentu yang mungkin mengandung bakteri, parasit, atau racun yang dapat membahayakan janin, seperti telur mentah atau setengah matang, hati, dan ikan mentah.

7. Cari info tentang kehamilan dan penyakitnya

Calon ibu mulai sering merasa tidak nyaman terhadap kondisi tubuh selama masa trimester pertama. Untuk mengatasi rasa mual, Anda dapat makan dalam porsi sedikit, tetapi sering. Hubungi dokter atau bidan bila Anda tidak dapat mengatasi mual-muntah yang terjadi.

8. Pelajari tanda-tanda bahaya

Ada beberapa gejala kehamilan yang harus Anda waspadai. Periksakan diri Anda jika mengalami kram untuk berjaga-jaga. Jika Anda mengalami kram dengan perdarahan, segera cari bantuan medis.

9. Istirahat yang cukup

Anda akan merasa lelah selama trimester pertama. Hal ini karena tubuh Anda mulai mengalami kadar hormon yang berubah dengan cepat. Usahakan istirahat sebanyak yang Anda bisa dan tidur lebih awal. Sebuah buku atau musik lembut juga akan membantu Anda untuk bersantai.

10. Lakukan olahraga ringan

Olahraga ringan secara teratur dapat membantu mengatasi masalah fisik dan mental saat hamil. Anda juga akan lebih mudah menjaga berat badan Anda jika Anda tetap aktif.

11. Lakukan kegiatan dengan aman

Hati-hati saat menggunakan bahan kimia rumah tangga atau produk pembersih. Kenakan sarung tangan dan hindari kontak langsung dengan produk yang memiliki banyak asap, terutama jika Anda bekerja dengan sinar-x atau bahan kimia berbahaya.

12. Lakukan latihan dasar panggul

Latihan dasar panggul dapat membantu melindungi Anda dari bocor urine saat hamil dan setelah melahirkan.

13. Membeli bra

Payudara Anda mungkin akan menjadi lebih besar sekitar usia 8 dan 10 minggu kehamilan. Anda perlu bra bersalin yang ukurannya lebih besar agar Anda nyaman.

14. Pijat

Jika sakit kepala atau sakit punggung menyerang, manjakan diri Anda dengan pijat. Mintalah pasangan Anda untuk perlahan-lahan menggosok punggung, bahu, dan kepala untuk menghilangkan ketegangan.

15. Sesuaikan anggaran

Mulai pertimbangkan beberapa penyesuaian anggaran. Saat Anda menginginkan tas mahal, bagaimana dengan biaya persalinan atau keperluan bayi Anda kelak? Jadi, jika Anda ingin berbelanja, pilihlah hal-hal yang dibutuhkan, bukan sekadar yang diinginkan. (Aulia/DMO/Dok. M&B)