TODDLER

Penyebab Kulit Balita Kering dan Cara Mengatasinya



Keluhan memiliki kulit kering tak hanya dialami oleh orang dewasa. Nyatanya balita Anda juga bisa mengalami kondisi tersebut lho, Moms. Memang, kulit Si Kecil seharusnya halus, namun kulitnya juga bisa lebih mudah menjadi kering karena lapisannya yang tipis.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh udara yang terlalu dingin dan kering, terkena sengatan matahari, atau terpapar klorin saat sedang berenang. Kulit balita juga bisa menjadi kering karena penggunaan sabun yang kurang tepat, mandi terlalu lama, atau alergi terhadap produk perawatan yang digunakan.

Apabila kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka kulit kering akan bisa menimbulkan iritasi hingga luka. Kulit kering bahkan bisa membuat Si Kecil mengalami dermatitis atopik atau kulit yang terlalu sensitif ketika alergi terhadap suatu hal yang menyentuh kulitnya. Untuk menghindari masalah tersebut, maka Moms perlu melakukan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit anak.

Perawatan untuk mengatasi kulit kering pada balita

Agar menurunkan risiko terjadinya kulit kering pada balita, Moms bisa mulai melakukan perawatan kulit yang sesuai dengan usia dan kondisi kulit Si Kecil, sehingga kulitnya bisa kembali lembap dan sehat dengan cara berikut ini:

• Mandi tak terlalu lama

Saat memandikan Si Kecil, usahakan agar tidak memakan waktu terlalu lama, sekitar 5-10 saja. Jika lebih dari itu, maka dikhawatirkan akan dapat menggurangi kelembapan kulit dan membuat kulit Si Kecil lebih cepat kering.

• Keperluan mandi

Agar Si Kecil tidak kaget, siapkan saja air yang hangat. Pastikan juga sabun yang digunakan adalah sabun khusus untuk kulit bayi dan balita yang tidak mengandung pewangi atau bahan kimia berbahaya serta aman untuk kulit yang sensitif.

• Gunakan pelembap

Si Kecil boleh dipakaikan pelembap, asalkan yang khusus untuk kulit anak (seperti pemilihan sabun mandi). Pelembap akan membantu merawat serta mengatasi masalah kulit kering pada balita dengan lebih tepat. Pemberiannya bisa dilakukan setelah Si Kecil selesai mandi dan badannya sudah dikeringkan dengan handuk lembut terlebih dahulu.

• Menjaga kelembapan

Selain merawat kulit, Moms juga bisa menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk. Pastikan juga Si Kecil terhidrasi dengan minum air atau ASI dengan cukup.

• Memilih pakaian

Agar kulit tetap lembap, pakaikan Si Kecil pakaian yang tidak terlalu ketat dan bukan berbahan kasar (wol). Pilihlah bahan katun yang nyaman di kulit dengan ukuran agak besar. Pakaian tersebut juga harus dicuci dengan detergen yang bebas parfum atau pewangi, yang biasanya dijual khusus untuk pakaian anak-anak. Dan jika udara terlalu dingin atau sinar matahari menyengat, Anda juga bisa pakaian sarung tangan dan pakaian berlengan panjang yang nyaman untuknya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)