BUMP TO BIRTH

Cukupi Kebutuhan Vitamin D saat Hamil

Wanita hamil berjemur


Bagi setiap wanita hamil, memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan merupakan bagian dari kewajiban demi mencetak bayi yang sehat dan cerdas. Salah satu asupan yang tak kalah penting adalah vitamin D. Menurut sebuah penelitian, kecukupan vitamin D saat hamil ternyata sangat penting bagi kekuatan otot bayi yang dilahirkan kelak.

Vitamin yang banyak didapat dari sinar matahari itu bahkan dikatakan dapat mendukung kesehatan anak sepanjang hidupnya. Kadar vitamin D yang rendah saat kehamilan disebut dapat menyebabkan lemahnya otot Sang Anak kelak.

Pada studi ini, para peneliti memantau kadar vitamin D dari 678 wanita selama kehamilannya. Kemudian, tim dari University of Southampton, Inggris, memantau bagaimana hubungan antara kadar vitamin D Sang Ibu saat hamil dengan perkembangan tulang dan otot anak-anaknya saat berusia 4 tahun. Mereka juga mengamati bagaimana kekuatan Sang Anak dalam menggenggam sesuatu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar vitamin D pada ibu hamil, semakin kuat cengkeraman dan genggaman Sang Anak, selain massa otot yang juga lebih tinggi.

"Sangat mungkin, kekuatan otot yang lebih besar terjadi pada anak-anak yang lahir dari ibu dengan tingkat vitamin D yang lebih tinggi. Hal tersebut bisa dilihat saat mereka berusia 4 tahun. Hal ini juga dapat diprediksi sampai dewasa, dan sangat membantu mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan hilangnya massa otot di usia tua,” ungkap ketua penelitian, Dr. Nicholas Harvey, seperti dilansir dari M&B UK.

Selain kekuatan otot, vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan kekuatan tulang bayi. Kadar vitamin D yang cukup juga dikaitkan dengan suasana hati yang sehat untuk ibu. Jadi, konsultasikan dengan dokter, untuk mengetahui kecukupan vitamin D Anda selama masa kehamilan dan menyusui nanti. (Aulia/DMO/Dok. M&B)