FAMILY & LIFESTYLE

Penyalahgunaan Obat Resep



Masalah narkoba memang selalu menjadi sorotan seluruh dunia, sebab penyebaran penyalahgunaan narkoba saat ini hampir tak bisa dicegah. Saat ini, pengguna narkoba tidak hanya dari kalangan orang dewasa, namun sudah merambah ke anak-anak. Kendati demikian, tahukah Anda bahwa ternyata penyalahgunaan resep obat sekarang ini melampaui tingkat penyalahgunaan narkoba di beberapa negara? Berdasarkan laporan International Narcotics Control Board (INCB), penyalahgunaan obat resep sangat marak terjadi karena adanya ketersediaan obat-obat tersebut secara lebih luas. Disebutkan, rumah tangga adalah sumber utama dari obat resep yang sudah tidak dipakai atau dibutuhkan, yang kemudian disalahgunakan.

Fakta mengungkapkan bahwa persentase penyalahguna obat resep sangat signifikan. Mereka mendapatkan obat resep tersebut dari teman atau anggota keluarga yang awalnya mendapatkan obat itu secara legal. Penyalahgunaan obat resep pun semakin meningkat, salah satunya di Amerika Utara, yang merupakan salah satu wilayah dengan angka kematian tertinggi akibat narkoba.

Dalam laporan tahunan 2013 INCB disebutkan, cara langsung untuk menekan tingkat penyalahgunaan obat resep adalah mengatasi akar masalahnya yang berasal dari 'doctor shopping', yaitu peresepan yang berlebihan oleh tenaga medis profesional atau kurangnya kontrol dalam melayani resep. (Sagar/DMO/Dok. M&B)