BABY

Cara Penanganan Cacar Air pada Bayi di Rumah



Cacar air merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus. Oleh karenanya, pemberian antibiotik tidak akan menyembuhkan penyakit ini. Meski cacar air akan hilang dengan sendirinya, Anda dapat membantu meredakan gejala-gejala cacar air pada Si Kecil dengan beberapa pengobatan di rumah, seperti memberikan parasetamol untuk meredakan demam dan rasa sakit yang dirasakannya, asalkan minimal usianya sudah 2 bulan.

Anda juga perlu memberikan Si Kecil asupan cairan yang banyak supaya ia terhindar dari dehidrasi. Berikan ekstra ASI kepadanya, atau jika bayi Anda minum susu formula dan sudah mendapatkan MPASI, ia bisa diberikan air putih. Untuk meredakan rasa gatal pada kulitnya, balurkan krim calamine di bagian ruam-ruam cacar air.

Jangan lupa untuk memakaikan baju berbahan katun yang longgar agar bayi tidak merasa kepanasan dan dapat mengurangi rasa gatal pada ruamnya. Dilansir melalui Babycenter, gunting kuku-kukunya menjadi tetap pendek selama cacar air. Ini akan membantu mencegah ruam-ruam cacar air tersebut terserang infeksi saat ia menggaruk dan mengurangi kemungkinan bekas luka jaringan parut pada tubuhnya. (Sagar/DMO/Dok. M&B)