FAMILY & LIFESTYLE

Tips saat Si Kecil Hilang di Keramaian



Saat berjalan-jalan dengan Si Kecil, seringkali Anda mengalami kesulitan untuk mengawasinya yang aktif bergerak. Faktanya, sebagian besar dari orangtua pernah mengalami kehilangan anaknya di tengah keramaian. Hal tersebut mungkin membuat Anda panik dan tidak bisa berpikir jernih. Dilansir dari sumber M&B UK, ada beberapa tip yang bisa dilakukan untuk menghadapi risiko Si Kecil yang menghilang di tengah keramaian, seperti berikut.

1. Beri Pengertian
Sebelum Anda pergi ke tempat ramai, seperti pusat perbelanjaan, beri penjelasan pada Si Kecil bagaimana kondisi di sana. Beri pengertian juga bahwa Anda akan sangat sibuk, dan penting baginya untuk tetap berada di dekat Anda setiap saat. Selain itu, jelaskan juga bahwa jika terpisah, Anda berdua akan sulit bertemu karena begitu banyak kerumunan orang.

2. Jangan Panik!
Ajari anak Anda untuk tidak panik ketika mereka tidak dapat menemukan Anda di tengah keramaian. Katakan kepada mereka untuk tetap tinggal di tempat mereka berada dan memanggil Anda. Jika Si Kecil sudah lebih besar, ia bisa memanggil nama Anda, daripada hanya berteriak "Mama", sehingga Anda akan lebih familiar. Anda pun tidak perlu panik. Pergi ke tempat terakhir Anda melihat Si Kecil, kemudian telusuri pencarian dari sana.

3. Membuat Persiapan
Bila Si Kecil sudah cukup besar, pastikan mereka tahu nama dan nomor telepon Anda. Untuk anak-anak yang lebih kecil, Anda bisa menulis rincian kontak Anda pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam saku pakaian Si Kecil. Selain itu, jika pergi ke tempat yang sangat ramai, pakaikanlah Si Kecil baju berwarna cerah, agar mudah ditemukan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur tempat pertemuan Anda dengan anak-anak jika mereka tersesat, seperti meja informasi di pusat perbelanjaan.

4. Mintalah Bantuan
Jika mereka tidak juga menemukan Anda, ajarkan ia untuk segera meminta bantuan kepada security atau penjaga toko. Anda juga perlu meminta security untuk membantu mencari anak Anda. Tunjukkan pada mereka foto anak Anda dan beritahu mereka tentang nama dan usia anak Anda.

5. Dengarkan dan Tunggu
Ingatkan anak-anak untuk tetap menunggu dan menyimak nama mereka yang dipanggil di sistem pengeras suara, atau mendengarkan Anda memanggil nama mereka.

6. Jangan Memarahinya
Ketika Anda bertemu kembali dengan Si Kecil, jangan marahinya. Ia mungkin sudah sangat kesal, marah, atau bingung, karena mereka berpikir Anda yang meninggalkan mereka. Ucapkan selamat padanya karena berhasil menemukan Anda, dan jangan ragu untuk memeluk dan menciumnya, agar Si Kecil mengerti bahwa Anda juga sangat takut kehilangannya. (Aulia/OCH/dok.M&B UK)