TODDLER

Produk Rumah Tangga Picu Alergi Pada Anak



Tidak ada hewan peliharaan di rumah dan Si Kecil tidak mengonsumsi menu 'asing' saat makan siang tadi, tetapi mengapa tiba-tiba ia alergi? Kulitnya dipenuhi bercak merah, gatal-gatal, dan ruam. Jangan panik! Coba periksa produk rumah tangga yang Anda gunakan, karena ternyata hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu alergi pada anak.

“Untuk anak-anak, sebaiknya gunakan peralatan mandi yang simpel saja, misalnya tidak menggunakan bubble bath atau produk yang mengandung pewangi terlalu banyak. Dalam pemilihan deterjen pencuci pakaian, gunakan yang memang sudah terjamin aman untuk kulit mereka,“ ujar Lindsey McManus, deputi CEO Allergy UK.

Selain itu, saat mencuci ikutilah instruksi sesuai yang tertulis di kemasan produk deterjen. Masalah alergi kerap muncul akibat pemakaian deterjen yang terlalu banyak dan pakaian tidak terbilas dengan bersih. Akibatnya, banyak zat kimia masih menempel di pakaian sehingga dapat memicu alergi.

Dilansir dari sumber M&B UK, bila anak terkena reaksi alergi, bersihkan area yang terdapat ruam dengan air hangat. Hentikan penggunaan produk rumah tangga yang digunakan dan konsultasikan ke dokter jika alergi tidak kunjung hilang dalam waktu 1-2 hari. (Sagar/DC/Dok. M&B)