BUMP TO BIRTH

Melahirkan Lebih Awal Karena Obesitas



Obesitas saat hamil memang sangat berisiko. Sian Taylor, seorang ibu dari Chandler Ford, Inggris, memiliki berat badan sebesar 146 kilogram. Saat kelahiran bayi keduanya, Poppy, Sian mengalami masalah dengan bayinya. Bayinya tiba-tiba harus segera dikeluarkan karena kekurangan oksigen.

Mengetahui hal itu, wanita berusia 29 tahun yang sudah mengalami obesitas sejak kecil itu merasa tak berdaya dan tak kuat menahan tangisnya. "Saya panik dan begitu ketakutan. Saya ragu apakah bayi saya dapat bertahan hidup, dan membayangkan anak saya lahir tak bernyawa. Saya takut tidak sempat memeluknya. Saya merasa seperti ibu paling buruk di dunia. Peran seorang ibu adalah untuk membantu dan melindungi anaknya dan saya merasa gagal hanya karena kelebihan berat badan,” ungkap Sian seperti dilansir dari sumber Daily Mail.

Menurut dokter yang menanganinya, faktor yang membuat bayi Poppy terjebak salah satunya adalah kelebihan berat badan yang dimiliki Sian. Selain itu, Sian juga dilaporkan mengalami nyeri dada yang serius saat hamil, sehingga ia harus dilarikan ke rumah sakit segera untuk menyelamatkan bayinya.

Setelah kejadian itu, Sian memutuskan untuk mengubah gaya hidupnya dan berhasil menurunkan berat badan hingga lebih dari 57 kg, dalam waktu kurang dari setahun. Sian kini juga lebih memerhatikan kesehatannya dan menyeimbangkan pola hidup dengan pekerjaannya sebagai manajer telesales yang banyak menyita waktu.

Demi masa depan yang lebih baik, saat ini ia juga lebih memerhatikan pola makan dan kadar kalori yang ia konsumsi. Ia pun memperbanyak buah-buahan dan sayuran, serta mulai membiasakan renang dan berolahraga secara rutin. "Saya jauh lebih bahagia dan positif menjalani hidup saya sekarang. Kepercayaan diri untuk melakukan hal-hal yang baru juga makin bertambah. Banyak bagian dari hidup saya yang dapat berubah dalam setahun ini. Untuk pertama kalinya dalam hidup, saya merasa bangga pada diri sendiri. Saya benar-benar menikmati hidup saya sekarang. Inspirasi saya adalah anak-anak saya. Mudah-mudahan saya bisa menjadi inspirasi bagi mereka juga,” tutupnya. (Aulia/DT/dok.Daily Mail)