FAMILY & LIFESTYLE

Mau Liburan ke Korea? Ini Destinasi Wisata yang Wajib Anda Kunjungi



Moms, apakah Anda dan keluarga berencana berlibur ke Korea Selatan dalam waktu dekat? Ya, Korea Selatan memang telah menjelma menjadi salah satu destinasi liburan favorit wisatawan dunia, termasuk wisatawan Indonesia.

Setelah lebih dari dua tahun menutup pintu dari wisatawan dunia karena pandemi COVID-19, akhirnya pada awal tahun ini Korea Selatan secara bertahap kembali menyambut kedatangan wisatawan. Wisatawan Indonesia pun sudah bisa mengajukan permohonan visa jangka pendek (C-3) mulai 1 Juni 2022 lalu. Korea Selatan juga mulai menerapkan bebas karantina untuk mempermudah masuknya wisatawan.

Tentunya bukan pilihan yang keliru bila Anda memilih negeri ginseng sebagai tujuan berlibur. Korea memiliki berbagai destinasi tempat ikonik, wisata sejarah, wisata alam, dan wisata edukasi, yang ramah bagi wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga, pasangan, maupun teman. Pastinya Anda dan keluarga juga tak ingin melewatkan berkunjung ke tempat bersejarah, kuliner modern dan tradisional Korea, lokasi syuting K-Drama dan K-Pop, hingga wellness.

Bila Moms masih bingung untuk menentukan destinasi liburan Anda dan keluarga saat ke Korea nanti, Anda bisa mencari berbagai informasi destinasi yang direkomendasikan badan promosi pariwisata Korea Selatan, Korea Tourism Organization (KTO).

Berkunjung ke tiga kota wisata terpopuler di Korea

Seoul, Busan, dan Pulau Jeju merupakan tiga kota wisata terpopuler yang harus Moms dan keluarga kunjungi saat ke Korea. Di Seoul, Anda bisa mengunjungi salah satu wisata ikoniknya yakni Namsan Tower. Landmark kota Seoul ini dikenal memiliki tempat romantis di mana wisatawan bisa memasang gembok cinta dan dapat menikmati lanskap kota dari ketinggian 138 meter.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati pengalaman istimewa dengan mengunjungi bangunan tertinggi di Korea, Lotte World Tower & Mall. Tempat ini memiliki sky bridge yang merupakan jembatan luar ruangan dengan ketinggian 541 meter. Wisatawan bisa melihat pemandangan Seoul yang memukau dari atas menara dengan panjang jembatan 11 meter. Selain itu, wisatawan juga bisa berbelanja, melihat pameran seni, dan menikmati berbagai permainan di taman hiburan.

Bagi Anda dan keluarga yang menyukasi wisata alam, Busan menjadi tujuan yang tepat. Beberapa destinasi seperti Pantai Haeundae, Gamcheon Culture Village, Taman Taejongdae, Gunung Hwangnyeong, dan Daejeo Ecological Park, menjadi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan malam kota Busan dengan mengunjungi The Bay 101. Di tempat ini terdapat banyak kafe dan restoran serta berbagai pilihan wahana air.

Untuk wisatawan yang ingin menantang adrenalin, Anda bisa mengunjungi Oryukdo Skywalk, 137 Oryuk-doro, Nam-gu, Busan. Mengangkat tema "Berjalan di atas Langit," wisatawan akan menapaki jembatan kaca yang berada tepat di atas laut serta bisa melihat ombak bergulung dari ketinggian 35 meter. Tak lupa, Anda juga bisa menikmati indahnya warna langit Busan saat matahari terbenam dari ketinggian 69 meter dengan mengunjungi Busan Tower.

Tempat yang tak kalah menarik dari Seoul dan Busan adalah Pulau Jeju. Wisatawan bisa mengunjungi wisata alam pantai dan gunung di pulau ini. Sebut saja Gunung Halla, Gua Manjanggul, Air Terjun Cheonjiyeon, Seongsan Ilchulbong, Sangumburi, Yongmeori Coast, dan Seopjikoji. Jangan lupa juga kunjungi Pulau Udo yang berada di Jeju Utara untuk menghabiskan waktu memancing, hiking, bersepeda, serta menikmati pemandangan dari puncak Udobong, puncak tertinggi dari pulau ini dengan ketinggian 132,5 meter.

Serunya wisata lokal di Korea

Bila mengunjungi kota-kota besar atau resor terlalu mainstream, Moms dan keluarga bisa mengikuti tren yang berkembang belakangan ini, yaitu mengunjungi tempat-tempat yang memiliki karakteristik lokal. Konsep ini disebut dengan “glocal”, gabungan dari dua kata global dan local, di mana keunikan budaya suatu tempat dapat tersebar ke berbagai komunitas internasional.

Konsep ini menjadi mungkin dengan berkembangnya jaringan transportasi yang akan membawa Anda ke berbagai daerah dengan mudah dan cepat. Ditambah lagi, ketersediaan informasi pariwisata menjadi lebih mudah diakses melalui media dan media sosial.

Korea Selatan merupakan negara yang sangat cocok untuk wisata glocal karena Korea Selatan memiliki sistem transportasi yang sangat baik, yang mencakup layanan kereta api cepat, yang dapat membawa kita ke mana saja dalam waktu yang cepat. Setiap daerah secara unik berbeda berdasarkan geologi dan cuacanya. Anda akan lebih menikmati pesona budaya tradisional yang terpelihara dengan baik di setiap daerah.

KTO memberikan rekomendasi beberapa wilayah yang menjadi tujuan wisata glocal dengan keunikannya masing-masing, yakni:

  • Incheon
  • Gangwon-do
  • Daejeon
  • Chungcheongnam-do
  • Chungcheongbuk-do
  • Daegu
  • Jeollabuk-do
  • Jeollanam-do
  • Gyeongsangnam-do.

Setiap wilayah memiliki budaya, iklim, gaya hidup, dan bahkan makanan khas yang berbeda. Pengalaman di satu daerah dengan daerah yang lainnya juga bisa sangat berbeda, dari lokasi olimpiade musim dingin di Gangwon-do, menikmati senja di Busan, ataupun berwisata kuliner di Jeollabuk-do.

Dengan adanya konsep wisata glocal ini, Irma Maulida, PR & Media Manager KTO Jakarta, percaya ini akan membawa wisatawan lebih dekat dengan kultur lokal dengan segala keunikan karakternya. “Kami yakin kunjungan wisatawan ke destinasi glocal ini akan menjadi kunjungan tak terlupakan,” tegasnya.

Nah, sudah tidak bingung lagi dong Moms, soal destinasi menarik, ikonik, dan seru, saat berlibur ke Korea Selatan nanti? Untuk informasi lengkap mengenai wisata Korea Selatan, Anda bisa dengan mudah mengakses website KTO Jakarta di www.visitkorea.or.id atau Instagram @ktoid. Selamat berlibur, Moms dan keluarga! (M&B/Korea Tourism Organization/Vonda Nabilla/SW/Foto: Lifeforstock/Freepik)