FAMILY & LIFESTYLE

5 Fakta Menarik Pameran Seni Rupa Terbesar, Art Jakarta 2022

5 Fakta Menarik Pameran Seni Rupa Terbesar, Art Jakarta 2022


Mengapresiasi sebuah karya seni bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan datang ke pameran seni rupa seperti Art Jakarta 2022. Setelah vakum mengadakan pameran luring selama 2 tahun, Art Jakarta 2022 kembali diadakan pada 26-28 Agustus di JCC, Jakarta.

Moms dan keluarga dapat melihat dan merasakan pengalaman menyenangkan saat menikmati berbagai karya seni rupa di sini. Selain itu, apa lagi yang menarik dari Art Jakarta 2022? Intip 5 fakta menarik yang perlu Anda ketahui berikut ini.

1. Beragam segmen seru yang ramah anak

Diawali sebagai Bazaar Art Jakarta pada 2009, pameran di 2022 ini menjadi kali ke-12 Art Jakarta kembali diselenggarakan setelah vakum selama 2 tahun akibat pandemi. Setiap tahunnya, Art Jakarta selalu menyuguhkan segmen-segmen baru. Dan tahun ini, Bali Art Scene dan Art Jakarta NFT menjadi dua segmen baru yang tentu akan memuaskan hati para pecinta seni rupa.

Selain itu, tentu saja ada segmen-segmen yang juga tidak kalah seru pada Art Jakarta 2022, mulai dari Art Jakarta Gallery, AJX, AJ1, Scene, dan Art Jakarta Talk yang akan berlangsung selama 3 hari pameran berlangsung. Tidak ketinggalan ada Art Jakarta Play, yaitu segmen yang khusus dibuat untuk anak-anak mengenal dan membuat karya seni rupa mereka sendiri.

2. Menikmati karya seni dari puluhan seniman berbakat

Pada Art Jakarta 2022, ada ribuan karya seni yang dipamerkan dengan keindahannya masing-masing. Karya seni rupa ini dihadirkan oleh 62 galeri, di mana 39 galeri berasal dari Indonesia dan 23 galeri dari mancanegara seperti Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang. Anda tentu bisa makin mengenal para seniman berbakat yang hadir dan siap untuk menjelaskan setiap hasil karya mereka dengan senang hati.

3. Adanya pop up restoran dengan hidangan lezat

Ketika berkeliling di Art Jakarta 2022, Moms dan keluarga bisa saja merasa lapar. Tenang saja, karena ada pop up resto di dalam venue yang dibuka dari pameran mulai sampai selesai setiap harinya. Beragam menu seperti nasi kapau, minuman menyegarkan, hingga beragam cake bisa Anda coba. Setelah kenyang, Moms bisa lanjut menikmati pameran karya seni rupa lagi, deh.

4. Menjadi pendorong bangkitnya seniman pascapandemi

Selama lebih dari dua tahun, seluruh dunia dilanda pandemi yang sangat berdampak besar pada banyak hal. Tak terkecuali di Indonesia yang pada akhirnya membuat banyak seniman bereksperimen menghasilkan karya-karya yang apik. Kehadiran Art Jakarta 2022 pun menjadi salah satu wadah bagi para seniman untuk tetap berkarya dan hasilnya bisa kembali dinikmati oleh khalayak ramai.

“Kembali digelarnya Art Jakarta adalah sinyal penting bagi pemulihan ekosistem seni rupa di Indonesia yang selama ini bergulat dengan kesulitan era pandemi. Ini menunjukkan bahwa seni rupa memainkan peranan pelopor dalam upaya pemulihan nasional. Semoga pameran ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan,” ujar Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud pada Press Conference Art Jakarta 2022 (26/8).

5. Menghadirkan karya seni rupa untuk manjakan pengunjung pameran

Beberapa bulan lalu, Art Jakarta Garden dengan konsep pameran ruang terbuka sukses diadakan di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Dan kali ini, Art Jakarta 2022 juga hadir untuk memuaskan para penikmat seni rupa. Anda bisa mengagumi berbagai karya dari seniman asal Indonesia maupun mancanegara. Moms dapat merasakan pengalaman seru saat melihat karya-karya di Art Jakarta 2022 yang berlangsung pada 26-28 Agustus 2022 di JCC, Senayan. Segera beli tiketnya di Artjakarta.com agar tidak melewatkan pameran seni rupa terbesar ini, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Istimewa)