FAMILY & LIFESTYLE

Sering Bermimpi Tersesat? Ini Arti Mimpi Tersebut Menurut Para Ahli



Moms, Anda pernah bermimpi kehilangan arah di hutan, tidak bisa menemukan jalan keluar di suatu jalan yang belum pernah dilalui, atau berputar-putar di jalan yang sama berulang kali? Itu semua adalah mimpi tersesat, tema mimpi yang umum dialami orang-orang.

Saat terbangun, Anda mungkin bertanya-tanya mengenai apa arti dari mimpi yang baru saja terjadi pada diri Anda tersebut. Sering kali, apa yang Anda alami saat tidur tidak memiliki banyak arti, kata psikolog berlisensi Lindsay B. Jernigan, Ph.D. “Mimpi bisa terjadi karena suatu ingatan tentang peristiwa di hari itu masih diproses oleh otak Anda,” jelasnya.

Namun, “Mimpi juga bisa menjadi cara alam bawah sadar untuk mencoba memberitahu Anda akan sesuatu,” lanjut Jernigan.Nah, berikut ini beberapa arti mimpi tersesat yang Anda alami menurut para ahli.

Baca juga: Mimpi Buruk, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Menurut Psikologi

1. Merupakan tanda kekhawatiran

Cathleen O'Connor, Ph.D, seorang penulis buku tentang mimpi, mengatakan, jika Anda sering bermimpi tersesat, itu biasanya menunjukkan adanya kekhawatiran dan kecemasan dalam diri Anda. “Makna mimpi tersesat yang Anda alami bisa berkaitan dengan situasi Anda saat ini,” ujarnya.

Misalnya, Anda merasa cemas karena baru saja pindah ke lingkungan baru atau memulai pekerjaan baru. Itu juga bisa menunjukkan bahwa Anda sedang merasa tidak stabil, bingung, takut, dan kehilangan arah.

2. Merasa tidak aman tentang suatu hubungan

Jika Anda bermimpi tersesat di tengah keramaian, dengan wajah-wajah asing maupun yang Anda kenal, itu bisa mewakili perasaan tidak aman atau merasa terjebak dalam suatu hubungan, atau Anda merasa dipojokkan oleh orang-orang di sekitar Anda. Jenis mimpi ini juga bisa berarti Anda merasa kurang percaya diri.

3. Melambangkan perasaan bersalah

Dikutip dari laman Dreams UK, jika Anda bermimpi tersesat dalam kegelapan, itu bisa melambangkan adanya perasaan bersalah. Anda mungkin terjebak dalam rasa bersalah dan telah menahan emosi dan pikiran negatif terlalu lama, yang kemudian bisa memicu munculnya mimpi semacam itu.

4. Sedang mengalami perubahan besar

Jika Anda bermimpi terus berputar-putar tanpa arah di sebuah kota yang asing, menurut psikoterapis Valentina Dragomir, itu mungkin melambangkan bahwa Anda merasa tidak nyaman dalam situasi baru. “Mengalami perubahan besar dalam hidup, seperti berganti pekerjaan atau karier, bisa memicu munculnya mimpi semacam ini,” ujarnya. Mimpi ini mungkin merupakan cara alam bawah sadar Anda untuk menghadapi perubahan besar atau transisi dalam hidup.

5. Mendambakan sesuatu yang baru

Jika Anda bermimpi tersesat di sebuah kota yang indah, tetapi Anda merasa senang, menurut Jernigan, “Mimpi ini mungkin mengomunikasikan tentang keinginan terdalam Anda akan hal-hal baru.” Bukankah ini seperti sinyal untuk menggali lebih dalam lagi tentang hal-hal baru yang mungkin ingin Anda coba dan lakukan.

6. Mencari bantuan atau saran

Apakah Anda menanyakan arah kepada seseorang saat tersesat dalam mimpi? Jika ya, ini bisa berarti Anda sedang mencari bantuan atau saran untuk masalah atau keputusan. Mengikuti petunjuk dalam mimpi bisa dikatakan berarti Anda harus terbuka terhadap pendapat dan kritik dari orang lain.

Itulah beberapa arti mimpi tersesat yang mungkin Anda alami. Tersesat dalam mimpi mengingatkan Anda untuk lebih memperhatikan diri sendiri dan hal-hal penting dalam hidup Anda serta memfokuskan kembali perhatian Anda pada tujuan yang ingin Anda tuju. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Tirachardz/Freepik)