FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Perpustakaan Anak agar Si Kecil Kenal Literasi



Moms tentu tahu bahwa penting untuk mengenalkan literasi dan kebiasaan membaca pada anak sejak dini, karena memang faktanya, ada banyak manfaat yang bisa dimiliki Si Kecil, mulai dari menambah kosakata dan kalimat, meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa, bahkan hingga mengembangkan kreativitasnya juga, lho.

Anda bisa membelikan buku-buku bacaan untuk anak dan bisa dibaca di rumah. Namun, agar tidak bosan, Moms juga bisa ajak Si Kecil ke perpustakaan yang ramah anak. Sekarang makin banyak ruang publik yang menyediakan ruang baca secara umum atau bahkan khusus untuk anak-anak. Di mana saja lokasinya? Intip rekomendasi berikut ini, Moms!

1. Rimba Baca

Perpustakaan Rimba Baca berlokasi di Perumahan RSPP, Cilandak, Jakarta Selatan. Tersedia beragam buku bacaan untuk segala usia anak dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Di lantai 1 juga terdapat tempat untuk mewarnai dengan segala perlengkapan yang sudah disiapkan oleh pengurus perpustakaan, sedangkan di lantai 2 terpajang komik dan buku-buku untuk orang dewasa, termasuk buku parenting yang bisa Moms dan Dads baca sambil menemani Si Kecil.

2. Reading is Fun Learning Center

Moms bisa mengikutsertakan Si Kecil ke klub membaca Reading is Fun, yang juga merupakan perpustakaan khusus anak. Lokasinya berada di area Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sini, Si Kecil akan diajak untuk mau dan bisa membaca sekaligus mengenal banyak hal melalui buku. Tidak hanya sekadar membaca buku sendiri, anak-anak juga akan dibimbing oleh tim di klub membaca ini. Dengan begitu, otak anak akan terangsang untuk selanjutnya bisa digunakan dengan optimal.

3. Wonderbooks

Kegiatan utama anak-anak adalah bermain. Inilah yang diusung Wonderbooks untuk menghadirkan perpustakaan yang diperuntukkan buat anak. Ruangan di dalamnya nyaman dan penuh dengan berbagai buku bacaan yang edukatif untuk Si Kecil. Selain itu, tersedia juga mainan yang edukatif dan seru untuk anak belajar sambil mengenalkan literasi kepadanya dengan cara yang menyenangkan.

4. Perpustakaan Jakarta, TIM

Sejak 8 Juli 2022, Perpustakaan Jakarta yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki sudah dibuka. Perpustakaan ini bisa dikunjungi oleh umum dan area membaca khusus anak pun sudah disediakan. Beragam buku ilmu pengetahuan dan cerita dongeng serta mainan edukatif bisa dipakai untuk mengenalkan literasi pada Si Kecil. Untuk jam berkunjung, Perpustakaan Jakarta buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore dan tentunya gratis.

5. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Satu lagi area yang dibangun khusus untuk mengenalkan literasi, terutama pada anak-anak, adalah Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. Taman ini berlokasi di area Blok M, yang menyediakan ruang baca indoor maupun outdoor. Di ruangan indoor sendiri terdapat satu perpustakaan kecil yang memiliki koleksi buku umum maupun buku untuk anak-anak. Si Kecil dijamin bakalan betah untuk belajar sekaligus bermain di tempat ini, Moms.

6. Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan Nasional RI juga pastinya masuk ke dalam daftar tempat untuk mengenalkan literasi pada anak. Berlokasi di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, di sini Moms bisa menemukan koleksi buku anak yang sangat beragam. Selain itu, Perpusnas juga sesekali mengadakan nobar film khusus anak.

Seru banget kan, Moms? Jadi mulai sekarang, ajak Si Kecil untuk mengunjungi perpustakaan dan bangun kebiasaan membaca pada anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Hal ini juga sekaligus bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan literasi anak jadi lebih baik. Selamat membaca dan bersenang-senang! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, Instagram)