FAMILY & LIFESTYLE

7 Alasan Mengapa Harus Memasukkan Toner ke dalam Rutinitas Skincare Anda



Saat ini, rutinitas perawatan kulit sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi para perempuan. Selain menggunakan produk perawatan kulit seperti pelembap dan serum, pemakaian toner juga menjadi langkah yang penting. Meskipun begitu, pemakaian toner sering kali diabaikan. Padahal, toner punya banyak manfaat yang tidak bisa disepelekan dalam perawatan kulit.

Oleh karena itu, Moms perlu tahu 7 alasan mengapa Anda harus memasukkan toner ke dalam rutinitas skincare, terutama buat Anda yang ingin menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Menyeimbangkan pH kulit

Kulit kita secara alami bersifat asam, tapi penggunaan sabun dan pembersih yang bersifat basa bisa mengganggu keseimbangan pH alami kulit. Menggunakannya 2 kali sehari juga akan bisa mengganggu keberadaan minyak alami di kulit. Untuk itu, Moms membutuhkan toner buat mengembalikan pH kulit Anda.

2. Meningkatkan hidrasi kulit

Produk perawatan kulit bertekstur air ini mampu meningkatkan hidrasi dengan cepat. Bahan-bahan seperti ekstrak air mawar dan aloe vera akan membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap nutrisi dengan baik. Bahan-bahan tersebut juga bisa menghidrasi dan menenangkan secara alami. Apalagi toner yang mengandung hyaluronic acid. Kandungan ini bisa membantu mengunci kelembapan pada kulit kita.

3. Mempermudah penyerapan produk setelahnya

Sama seperti spons kering, ketika anda mengaplikasikan krim di atas spons kering, maka krim tersebut akan sulit terserap oleh spons. Namun, jika Moms membasahi spons terlebih dahulu, maka krim tersebut akan terserap dengan mudah. Nah, toner bekerja untuk melembapkan kulit, sehingga produk setelahnya (seperti essence, serum, dan moisturizer) akan lebih mudah terserap kulit.

4. Menyegarkan kulit

Manfaat toner yang satu ini bisa Moms rasakan saat menggunakan toner berbentuk mist. Menyemprotkan toner secara langsung ke wajah bisa membantu menyegarkan kulit Anda. Jika Anda rutin menggunakannya, toner juga bisa mengencangkan kulit, membuat Anda memiliki wajah yang lebih kencang.

5. Membersihkan pori-pori

Salah satu manfaat toner yang paling penting adalah membantu membersihkan pori-pori. Menggunakan toner bisa membantu membuka pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati, kotoran, penumpukan makeup, dan sebum yang berlebih. Dengan menggunakan toner secara teratur, Moms akan mendapatkan kulit yang halus, lembut, dan bersih. So, bye-bye, komedo dan pori-pori besar!

6. Menenangkan kulit

Kulit Moms sedang mengalami kemerahan dan iritasi? Anda bisa menenangkannya menggunakan toner, lho! Pilih toner dengan kandungan centella asiatica, aloe vera, ceramide, dan kandungan lainnya yang bisa menenangkan kulit. Bahan antiinflamasi yang menutrisi juga akan membantu meredakan ketidaknyamanan dengan menenangkan kulit anda.

7. Mengencangkan kulit

Meskipun efeknya mungkin tampak sementara, menggunakan toner setiap hari bisa memberikan peremajaan dan kesegaran pada kulit. Carilah bahan-bahan seperti witch hazel untuk efek yang lebih kenyal dan lebih penuh pada kulit anda.

Setelah mengetahui manfaat toner di atas, Moms enggak perlu merasa ragu lagi untuk memasukkan toner ke dalam rutinitas skincare Anda sehari-hari. Meskipun begitu, seberapa sering Anda harus menggunakan toner untuk wajah bergantung kepada jenis kulit Anda. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Lookstudio/Freepik)