BUMP TO BIRTH

Kehidupan Seks Pasca Persalinan



Setelah melahirkan, akan banyak perubahan yang dialami seorang ibu baru, seperti pola tidur, kelelahan, perubahan hormon, mood swing, dan lain-lain. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada kehidupan seksual mereka, yang akan berbeda dari sebelumnya.

“Setelah bayi lahir, kadar estrogen akan menurun, sehingga tubuh Anda dapat mulai memproduksi ASI. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan dan rasa nyeri pada vagina, membuat tingkat libido Anda rendah,” ungkap Dr Roger Marwood, juru bicara Royal College of Obstetricians dan Gynaecologists Inggris, dilansir dari sumber M&B UK.

Menariknya, Dr. Roger juga menambahkan bahwa kehidupan seks Anda setelah melahirkan akan lebih dipengaruhi oleh cara Anda menyusui. Semakin lama Anda menyusui, semakin rendah kadar estrogen yang Anda miliki, sehingga dapat menurunkan libido Anda. Belum lagi kelelahan hebat yang mendera akan semakin menurunkan mood Anda untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Coba diskusikan dengan pasangan tentang kehidupan seks Anda berdua. Saat berhubungan intim untuk pertama kalinya setelah melahirkan, lakukanlah secara perlahan. Jika khawatir dengan kekeringan vagina, Anda juga bisa mencoba lakukan foreplay lebih lama untuk memancing pelumas Anda lebih banyak. Yang paling penting, jangan terburu-buru. Minta penjelasan dokter dan kondisikan dengan keadaan fisik Anda setelah melahirkan, karena kondisi fisik masing-masing newmom setelah melahirkan tentu berbeda. Selain itu, cari tahu apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membantu memulihkan fisik dan stamina Anda pasca persalinan dengan lebih cepat. (Aulia/DT/dok.M&B)