FAMILY & LIFESTYLE

10 Rekomendasi Film Bertema Politik yang Penuh Intrik



Pemilu 2024 telah kita lakukan, tapi euforia pesta demokratis lima tahunan ini tentu masih terasa ya, Moms. Dinamika politik memang selalu menarik untuk diikuti. Karena itu, tak heran jika ada banyak film yang mengisahkan geliat politik di sebuah negara maupun pemerintahan.

Nah, kali ini M&B telah merangkum 10 film tentang politik yang penuh inspirasi dan intrik yang bisa menjadi tontonan menarik buat Anda. Yuk, simak daftarnya berikut ini, Moms!

1. All the President’s Men (1976)

Film biografi politik ini berfokus pada dua orang jurnalis The Washington Post, Carl Bernstein (Dustin Hoffman) dan Bob Woodward (Robert Redford), yang menginvestigasi skandal Watergate. Berawal dari kasus pencurian, Carl dan Bob berhasil mengupas akar permasalahan yang lebih besar. Skandal ini sendiri berujung pada mundurnya presiden Richard Nixon dari tampuk kekuasaan.

2. JFK (1981)

JFK menceritakan investigasi kasus pembunuhan presiden John F. Kennedy (JFK) di tahun 1963. Investigasi ini dipimpin oleh jaksa wilayah New Orleans, Jim Garrison (Kevin Costner). Jim meragukan pola pikir konvensional dalam kasus pembunuhan tersebut. Setelah dinyatakan selesai, Jim membuka kembali kasus ini dan menemukan beberapa bukti yang mulai menguatkan konspirasi di balik terbunuhnya JFK.

3. Downfall (2004)

Traudl Junge (Alexandra Maria Lara) berhasil mendapatkan pekerjaan impiannya, yakni menjadi sekretaris Adolf Hitler, di masa kejayaannya di tahun 1942. Tiga tahun setelahnya, kekuasaan Hitler mulai jatuh dan ia pun terkungkung di dalam bungker. Traudl kemudian menyaksikan secara langsung kemarahan dan frustrasi Hitler dalam menghadapi masa-masa terakhir pemerintahannya.

4. The King’s Speech (2010)

Setelah menikah dengan Putri Elizabeth (Helena Bonham Carter), Pangeran Albert (Colin Firth) akan dilantik menjadi Raja George VI. Meskipun begitu, ia memiliki kesulitan berbicara. Putri Elizabeth kemudian mempekerjakan Lionel Logue (Geoffrey Rush), aktor asal Australia dan terapis bicara, untuk membantu Pangeran Albert mengatasi gangguan bicaranya tersebut.

5. Darkest Hour (2017)

Di era awal Perang Dunia II, Winston Churchill (Gary Oldman), Perdana Menteri Inggris yang baru saja dilantik, langsung menghadapi dilema politik epik. Kala itu, Churchill harus memilih dua pilihan krusial, yakni bernegosiasi dengan Adolf Hitler atau bertarung melawan segala kemungkinan. Di 4 minggu awal tahun 1940, keputusan Churchill ini menjadi pondasi kepemimpinannya yang akan mengubah sejarah dunia.

6. The Ides of March (2011)

Stephen Meyer (Ryan Gosling) bertanggung jawab atas kampanye Mike Morris (George Clooney) yang mencalonkan diri menjadi presiden negara bagian Ohio. Meyer yang idealis, sangat percaya akan kekuatan proses demokrasi di Ohio dan integritas Mike Morris. Meskipun begitu, ia kemudian dihadapkan pada kenyataan berat bahwa praktik politik kotor sangatlah nyata.

7. Lincoln (2011)

Di tengah berdukanya negeri atas Perang Saudara di tahun 1860-an, Presiden Abraham Lincoln (Daniel Day-Lewis) terus berusaha membawa nilai-nilai yang ia percayai tentang kemanusiaan dengan keterampilan politik yang ia miliki. Hal tersebut kemudian berujung pada disahkannya Amandemen ke-13, di mana perbudakan dilarang di seluruh Amerika Serikat, meski ditempuh dengan pertumpahan darah.

8. Selma (2014)

Meski hukum tentang kesetaraan hak warga negara telah disahkan di tahun sebelumnya, orang-orang kulit hitam di Alabama masih kesulitan untuk menjalankan haknya dalam pemilu. Menanggapi ini, Martin Luther King, Jr. (David Oyelowo), kemudian menginisiasi gerakan massa dari Selma hingga Montgomery yang dipimpin oleh John Lewis (Stephan James) dan Hosea Williams (Wendell Pierce). Gerakan ini kemudian berujung pada peristiwa Bloody Sunday yang berhasil mendesak Presiden Lyndon Johnson mengesahkan UU Hak Memilih (Voting Rights Act).

9. On the Basis of Sex (2018)

Hakim Agung Amerika Serikat, Ruth Bader Ginsburg (Felicity Jones) mengalami banyak diskriminasi di sepanjang kariernya hanya karena ia seorang perempuan. Ia dianggap mendobrak norma dan tradisi, karena kecerdasan dan kemandiriannya. Dengan dukungan suaminya, Martin Ginsburg (Armie Hammer) yang juga seorang pengacara, Ruth berusaha mewujudkan mimpinya dengan berbagai tantangan sosial politik di hadapannya.

10. Malcolm X (1992)

Malcom X (Denzel Washington) adalah seorang yatim piatu dan pencuri yang tumbuh besar menjadi pejuang HAM di AS. Setelah berpindah agama menjadi Islam, pengaruhnya dalam dunia spiritual Amerika Serikat sangatlah kuat. Ia kemudian menjadi pejuang HAM penuh kontroversi di tahun 1960-an hingga dibunuh pada 1965. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)