BABY

7 Jenis Ikan untuk MPASI yang Kaya Nutrisi dan Harganya Terjangkau



Menyediakan makanan pendamping ASI (MPASI) yang sehat dan bergizi untuk bayi merupakan langkah penting dalam mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Untuk itu, Moms harus memastikan semua kebutuhan nutrisi bayi Anda terpenuhi, termasuk protein.

Ikan merupakan salah satu pilihan sumber protein yang sering digunakan sebagai bahan menu MPASI. Selain kaya protein, ikan mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti asam lemak omega-3 dan mineral esensial yang baik untuk perkembangan otak dan kesehatan bayi secara keseluruhan.

Namun, tidak semua jenis ikan cocok diberikan kepada bayi, Moms. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis ikan untuk MPASI yang kaya nutrisi dan harganya terjangkau. Apa saja?

Baca juga: Kapan Boleh Memberikan MPASI Seafood pada Anak?

1. Lele

Ikan lele jadi salah satu sumber protein hewani yang bisa diolah dengan bahan lain untuk dijadikan menu MPASI. Selain mudah didapat, ikan yang satu ini harganya sangat terjangkau, Moms. Dalam 100 gram ikan lele terkandung 105 kkal, 2,9 gram lemak, serta 18 gram protein. Selain itu, menurut Food and Drugs Administration (FDA), lele menjadi salah satu jenis ikan yang lebih sedikit terkontaminasi merkuri dibandingkan ikan-ikan populer lainnya seperti makerel.

2. Gurame

Ikan gurame dikenal dengan dagingnya yang tebal dan lembut serta mudah ditemukan di pasar atau supermarket. Di dalam ikan gurame terkandung sejumlah protein, kalsium, serta asam lemak omega-3 yang baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Ikan ini cukup banyak dipilih sebagai bahan MPASI karena tidak berbau amis dan mudah diolah. Moms bisa mengolah gurame menjadi bubur atau sup untuk MPASI.

3. Tuna

Tuna juga bisa menjadi pilihan untuk bahan MPASI Si Kecil. Menurut sejumlah penelitian, ikan ini mengandung protein, vitamin B, dan kalium. Semua nutrisi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif otak Si Kecil, membantu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh, serta meningkatkan imun tubuh di masa pertumbuhan.

4. Salmon

Ikan ini juga sering dijadikan pilihan untuk menu MPASI bayi. Salmon yang memiliki daging berwarna oranye kemerahan ini merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk dikonsumsi Si Kecil. Selain kaya asam lemak omega-3, menurut Food Data Central U.S Department of Agriculture, dalam 100 gram ikan salmon terkandung 142 kkal, 19,8 gram protein, 6,3 gram lemak, 12 mg kalsium. Salmon sangat cocok diolah dengan cara dipanggang atau direbus untuk MPASI.

5. Sarden

Sarden juga menjadi salah satu jenis ikan yang direkomendasikan untuk MPASI bayi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa sarden mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil. Meski mengandung banyak nutrisi, Moms tetap perlu berhati-hati saat memberikannya kepada bayi. Pilihlah sarden yang segar dan hindari menggunakan sarden kalengan untuk MPASI, agar terhindar dari risiko paparan BPA yang berasal dari kemasan plastik atau kaleng.

6. Ikan mas

Jenis ikan untuk MPASI berikutnya adalah ikan mas. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram ikan mas segar terkandung 86 kkal, 16 gram protein, 2 gram lemak, dan 20 mg kalsium yang baik untuk menunjang kesehatan Si Kecil. Namun, Moms harus berhati-hati saat mengolah ikan ini, karena durinya cukup banyak dan halus, sehingga berisiko tertelan dan mengiritasi sistem pencernaan.

7. Bandeng

Terakhir ada ikan bandeng yang juga sering digunakan sebagai bahan MPASI untuk bayi. Ikan yang satu ini banyak direkomendasikan karena mengandung berbagai jenis lemak sehat, protein, kalium, kalsium, zat besi, dan vitamin. Kalorinya juga cukup tinggi, sehingga dianggap mampu menambah berat badan anak. Ikan bandeng bisa diolah menjadi beragam jenis menu MPASI, mulai dari bubur, sup, hingga pepes. (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)