BUMP TO BIRTH

6 Ciri-ciri Hamil Kembar yang Perlu Moms Ketahui



Moms, kehamilan tentu menjadi sebuah pengalaman unik dan menakjubkan bagi setiap wanita. Saat hamil, tubuh tentu akan mengalami sejumlah perubahan, mulai dari ukuran perut dan payudara yang bertambah besar, fluktuasi hormon, hingga munculnya stretch mark.

Namun, perlu diketahui bahwa tanda kehamilan pada setiap wanita bisa saja berbeda. Misalnya, jika Moms mengandung bayi kembar atau lebih dari satu janin. Biasanya kehamilan kembar bisa dengan mudah terdeteksi melalui pemeriksaan USG. Meskipun begitu, pada kondisi tertentu, ada sejumlah ciri yang bisa menunjukkan bahwa Anda tengah mengandung anak kembar. Berikut ini ciri-ciri hamil kembar yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: 8 Hal yang Meningkatkan Kesempatan Hamil Kembar

1. Kadar hCG yang lebih tinggi daripada biasanya

Melansir Cleveland Clinic, hormon hCG yang tinggi bisa menjadi salah satu ciri hamil kembar. Human Chorionic Gonadotropin atau hCG merupakan hormon yang diproduksi oleh sel-sel pembentuk plasenta dalam tubuh. Kadar hormon ini akan meningkat ketika sel telur sudah dibuahi sperma dan janin menempel di dinding rahim. Biasanya untuk mengetahui kadar hormon hCG, Moms perlu melakukan pemeriksaan darah, terutama di awal kehamilan.

Baca juga: Kadar Hormon hCG Rendah saat Hamil, Ini Penyebabnya

2. Kondisi perut yang lebih besar di awal kehamilan

Ciri-ciri hamil kembar berikutnya adalah ukuran diameter perut yang lebih besar, terutama di awal kehamilan atau trimester 1. Umumnya, seorang wanita yang sedang hamil memiliki diameter perut berkisar antara 38-40 cm. Namun, pada kehamilan kembar, diameter perut bisa bertambah bahkan mencapai lebih dari 45 cm.

3. Morning sickness yang lebih intens

Sebenarnya, morning sickness kerap terjadi pada ibu hamil dan ini merupakan hal yang wajar. Namun, menurut The Japan Environment and Children Study (JECS), bumil mungkin saja mengalami rasa mual di pagi hari yang lebih kuat atau lebih intens, saat ia mengandung janin kembar. Hal ini bisa terjadi, salah satunya karena kadar hormon hCG yang cukup tinggi.

4. Mengalami peningkatan nafsu makan

Pada beberapa wanita, kehamilan kembar membuat nafsu makan bertambah. Meskipun begitu, pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya nutrisi, sehingga kehamilan dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Selain itu, Moms disarankan mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit tapi sering. Ini berguna untuk mencukupi asupan nutrisi, mengingat saat hamil kembar, tubuh jadi lebih mudah mengalami mual dan muntah.

5. Kenaikan berat badan yang terasa cepat

Jika bumil mengalami kenaikan berat badan yang cepat dan banyak, ini bisa jadi salah satu tanda Anda tengah mengandung bayi kembar. Umumnya, kenaikan berat badan berkisar antara 0,4-1,8 kilogram pada 12 minggu pertama kehamilan. Kenaikan berat badan ini bisa terasa makin banyak dan cepat setelah bumil memasuki trimester 2.

6. Tubuh lebih mudah lelah

Saat hamil, banyak wanita yang merasa tubuhnya jadi mudah lelah. Namun, saat mengandung bayi kembar, tubuh Anda akan lebih mudah merasa lelah dibandingkan dengan mereka yang hamil bayi tunggal. Rasa lelah ini disebabkan oleh tubuh Anda menopang lebih dari satu janin di dalam kandungan. Terkadang rasa lelah ini juga bisa muncul bersamaan dengan sakit di area punggung dan bahu. Jika Anda mengalaminya, mintalah suami untuk memberikan pijatan lembut, sehingga rasa sakit di tubuh pun berkurang. (M&B/Ayu/SW/Foto: Luana Azevedo/Unsplash)