Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

8 Hal yang Meningkatkan Kesempatan Hamil Kembar

8 Hal yang Meningkatkan Kesempatan Hamil Kembar

Memiliki anak kembar memang jadi harapan banyak pasangan yang sudah menikah. Namun, apakah Anda masih menganggap bahwa kehamilan kembar hanya bisa didapatkan oleh mereka yang beruntung? Ternyata tidak begitu faktanya, Moms. Melansir laman Verywell Family, ada beberapa hal yang bisa meningkatkan kesempatan seseorang untuk hamil kembar. Mau tahu apa saja? Read on, Moms!

1. Usia

Percaya tak percaya, ternyata wanita di atas 30 tahun lebih berkesempatan mendapatkan kehamilan kembar lho, Moms. Ini karena hormon FSH meningkat pada wanita yang sudah berusia di atas 30 tahun. FSH adalah follicle stimulating hormone, yang bertugas untuk menjaga perkembangan telur di ovarium sebelum dilepaskan di masa subur.

Makin berumur seorang wanita, maka kadar FSH yang ada juga makin tinggi. Itulah yang menyebabkan sel telur kadang bereaksi berlebihan, sehingga melepaskan 2 sel telur secara langsung, dan terjadilah kehamilan kembar.

Baca juga: 7 Perbedaan Hamil Kembar dibandingkan Hamil Tunggal

2. Riwayat keluarga

Anda punya keluarga kembar identik, Moms? Jika ya, maka kesempatan Anda untuk hamil kembar pun meningkat dibandingkan mereka yang tidak punya keluarga kembar identik. Namun, riwayat kembar ini harus dari keluarga Anda ya, Moms, bukan keluarga suami.

3. Berat badan

Aneh tapi nyata, wanita yang tergolong obesitas (indeks massa tubuh di atas 30) lebih berpeluang untuk hamil kembar dibandingkan wanita dengan indeks massa tubuh yang normal. Timbunan lemak meningkatkan kadar estrogen, dan makin tinggi estrogen, maka stimulasi sel telur pun meningkat. Inilah yang menyebabkan rahim Anda bisa melepaskan lebih dari 1 sel telur di masa subur.

4. Tinggi badan

Wanita yang tingginya di atas rata-rata ternyata lebih berkesempatan untuk hamil kembar. Sebuah studi menyebutkan wanita dengan tinggi di atas 164,8 cm lebih berkesempatan hamil kembar dibanding mereka yang memiliki tinggi 161,8 cm.

Baca juga: 7 Hal yang Sebaiknya Dihindari saat Hamil Anak Kembar

5. Jumlah anak

Kehamilan kembar akan lebih mudah didapatkan pada wanita yang pernah beberapa kali hamil dan punya keluarga besar.

6. Ras

Wanita African-Americans lebih mudah mendapatkan kehamilan kembar dibandingkan wanita Kaukasian. Fakta yang lebih mencengangkannya lagi adalah: Asia merupakan ras yang paling kecil kemungkinan hamil kembarnya dibandingkan ras lainnya.

7. Ibu menyusui

Wanita yang hamil saat sedang menyusui anak ternyata lebih mungkin hamil kembar. Walaupun menyusui merupakan alat kontrasepsi alami, ternyata hamil saat menyusui eksklusif bisa saja terjadi dan bukan hal yang mustahil, Anda bahkan bisa hamil kembar!

8. Suka minum susu

Penelitian yang satu ini sebenarnya masih berjalan, tapi sudah ada beberapa studi yang menguak fakta bahwa wanita yang sering mengonsumsi produk susu (seperti keju, yoghurt, mentega, dan sebagainya), ternyata lebih mudah hamil kembar.

Penyebabnya belum diketahui pasti, tapi mungkin hormon pertumbuhan yang diberikan pada sapi memengaruhi hormon manusia. Nah, dari 8 poin ini, kira-kira seberapa besar peluang Anda hamil kembar, Moms? (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)