BUMP TO BIRTH

Sakit Pinggang pada Ibu Hamil, Apakah Pertanda Akan Melahirkan?



Sakit pinggang merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil. Namun, tahukah Moms bahwa sakit pinggang juga bisa menjadi pertanda persalinan sudah dekat?

Penyebab sakit pinggang saat hamil

Seperti dikutip dari Siloam Hospitals, sakit pinggang saat hamil adalah salah satu permasalahan yang umum terjadi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

1. Perubahan postur tubuh

Kehamilan bisa mengakibatkan perubahan pada postur tubuh dan cara bergerak. Kondisi ini akan memicu munculnya rasa nyeri dan tegang di pinggang pada ibu hamil. Sakit pinggang pada ibu hamil bisa makin parah jika postur tubuh bumil salah, misalnya saat tidur atau duduk.

2. Hormon kehamilan

Perubahan hormon selama masa kehamilan juga bisa menyebabkan nyeri pinggang, lho. Pasalnya, pelepasan hormon relaksin dapat memicu ligamen dan struktur yang menempelkan tulang serta persendian menjadi meregang.

Peregangan itulah yang bisa menyebabkan jaringan otot tidak kuat menerima beban dan postur tubuh seperti saat sebelum hamil. Hal ini mengakibatkan bumil sering merasakan sakit pinggang.

3. Kenaikan berat badan

Pada umumnya, bumil akan mengalami kenaikan berat badan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan sekitar 11 hingga 15 kilogram dari sebelum hamil. Kenaikan berat badan ini akan memberikan tekanan pada tulang belakang sehingga memicu timbulnya nyeri pada pinggang.

4. Stres

Sakit pinggang pada ibu hamil juga bisa dipicu oleh kondisi stres. Hal ini berkaitan dengan perubahan hormon selama kehamilan yang dapat menyebabkan emosi menjadi berubah-ubah sehingga memicu stres. Pada akhirnya, stres dapat menyebabkan ketegangan otot meningkat, sehingga timbul nyeri atau sakit pinggang, terutama saat hamil muda.

5. Perubahan posisi janin

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, ukuran dan posisi janin juga akan mengalami perubahan. Perubahan posisi janin tersebut juga bisa menyebabkan tekanan pada saraf panggul bumil, sehingga memicu nyeri di pinggang.

6. Saraf terjepit

Saraf terjepit bisa dialami siapa saja, termasuk bumil. Saraf terjepit merupakan kondisi ketika saraf tulang belakang mengalami kondisi terjepit atau terhimpit dan menyebabkan munculnya rasa nyeri yang bisa menjalar ke bagian bawah tubuh.Pada bumil, kondisi ini bisa disebabkan oleh berat kandungan yang makin bertambah sehingga memberikan tekanan berlebih pada persendian panggul.

Sakit pinggang tanda akan melahirkan

Sakit pinggang juga bisa menjadi pertanda bahwa persalinan sudah dekat lho, Moms. Sakit pinggang pada ibu hamil 9 bulan terjadi akibat perut yang membesar dan mengendurnya otot karena tubuh sedang mempersiapkan diri menghadapi persalinan.

Melansir WebMD, sebanyak 15-32 persen wanita hamil mengalami sakit pinggang menjelang persalinan. Selain itu, sebanyak 5-8 persen di antaranya mengalami sakit pinggang hingga sepanjang proses melahirkan.

Untuk membedakan antara sakit pinggang biasa dan sakit pinggang karena akan melahirkan, Moms bisa memperhatikan tanda-tanda berikut ini.

  • Rasa nyeri dengan intensitas tinggi di pinggang bagian belakang
  • Rasa nyeri berlangsung terus-menerus dan terjadi di antara kontraksi. Rasa nyeri bisa makin parah seperti halnya kontraksi
  • Rasa tidak nyaman akibat ketegangan otot di pinggang bagian belakang.

Rasa nyeri pada bumil menjelang persalinan disebabkan oleh posisi janin yang sudah turun ke panggul. Jika Moms mengalami kondisi ini dan disertai kontraksi teratur, Anda disarankan untuk segera ke rumah sakit guna mendapatkan penanganan, karena itu artinya Anda akan segera melahirkan. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Freepik)