BABY

6 Manfaat Ikan Dori untuk Bayi dan Resep Ikan Dori untuk MPASI 6 Bulan



Ikan dori merupakan salah satu jenis ikan yang kaya nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Ikan ini dikenal memiliki rasa dan tekstur yang lembut, menjadikannya pilihan menu MPASI yang ideal untuk bayi Anda. Berikut ini M&B akan membahas secara lengkap manfaat ikan dori untuk bayi dan resep ikan dori untuk MPASI.

Manfaat ikan dori untuk bayi

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan protein di dalam ikan dori diketahui ikut berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil, ditambah kandungan vitamin D dan mineral yodium yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan kesehatan metabolisme secara keseluruhan.

Selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin B12 yang penting untuk produksi sel darah merah, memastikan setiap sel-sel, jaringan, dan organ tubuh berfungsi sebagaimana mestinya. Kandungan seleniumnya sebagai antioksidan kuat bisa membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

2. Mendukung kesehatan tulang

Vitamin D merupakan vitamin penting untuk mendukung kesehatan tulang. Vitamin D dalam ikan dori bisa membantu penyerapan kalsium yang dapat mendukung kesehatan tulang anak secara keseluruhan. Memenuhi asupan vitamin D untuk Si Kecil bisa membantu menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta mengurangi risiko osteoporosis pada bayi.

3. Meningkatkan fungsi kognitif

Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan dori diketahui mampu meningkatkan fungsi kognitif, termasuk mendukung perkembangan dan fungsi otak bayi Anda. Sementara itu, kandungan vitamin B12 di dalam ikan dori juga sangat penting untuk menjaga kinerja kognitif dan fungsi sel-sel saraf tetap sehat. Konsumsi ikan dori secara teratur bisa membantu meningkatkan daya ingat dan daya pikir Si Kecil lebih baik.

4. Meningkatkan kesehatan kulit dan mata

Kandungan nutrisi penting dalam ikan dori juga berperan penting untuk meningkatkan kesehatan kulit dan ketajaman penglihatan anak. Faktanya, vitamin A dan asam lemak omega-3 dalam ikan dori dapat menjaga elastisitas, hidrasi dan kelembapan kulit, sekaligus mendukung kesehatan mata anak.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Asam lemak omega-3 di dalam ikan dori diketahui juga berperan penting untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan menurunkan risiko penyakit terkait kardiovaskular. Mengonsumsi ikan yang kaya omega-3, seperti ikan dori, bisa membantu menjaga kesehatan jantung Si Kecil secara keseluruhan.

6. Mendukung perkembangan otot

Satu lagi manfaat ikan dori untuk bayi, yaitu membangun dan memperbaiki jaringan serta mendukung perkembangan otot Si Kecil, berkat kandungan protein tinggi di dalamnya. Pada gilirannya, ini bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil secara keseluruhan.

Resep ikan dori untuk MPASI 6 bulan

Tak hanya memiliki banyak manfaat untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil, ikan dori juga termasuk jenis ikan dengan rasa dan tekstur lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh bayi. Ikan dori juga jenis ikan yang mudah dimasak, sehingga bisa memudahkan Anda untuk memperkenalkan rasa ikan ke dalam makanan bayi untuk pertama kalinya. Berikut ini 2 resep ikan dori untuk MPASI 6 bulan yang bisa Moms buat untuk Si Kecil.

1. Bubur ikan dori dan wortel

Bubur ikan dori yang dipadukan dengan wortel kaya nutrisi menghasilkan MPASI yang bergizi dan seimbang untuk Si Kecil

Bahan:

  • 30 gram ikan dori fillet
  • 1 sendok makan nasi putih
  • Unsalted butter secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • 1/4 potong wortel baby, parut halus
  • Keju khusus MPASI secukupnya (opsional).

Cara membuat:

1. Cuci bersih dengan air mengalir semua bahan yang perlu dibersihkan. Kemudian potong ikan dori menjadi potongan yang lebih kecil sesuai selera.

2. Buat bubur nasi terlebih dahulu dengan cara mencampurkan nasi putih dengan air matang secukupnya, lalu tunggu sampai mengental dan menjadi setengah bubur.

3. Pada saat itu, masukkan ikan dori fillet, parutan wortel, serta unsalted butter dan keju secukupnya. Aduk rata dan masak sampai semuanya matang dan menjadi bubur.

4. Jika sudah matang, matikan kompor. Jika diperlukan, Anda bisa menghaluskan atau uleg saring hingga mendapatkan tekstur makanan yang sesuai dengan usia bayi.

5. Sajikan bubur ikan dori dan wortel sebagai menu MPASI Si Kecil.

2. Bubur ikan dori dan brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang kaya vitamin A serta senyawa lutein, zeaxanthin, dan beta karoten, yang baik untuk mendukung kesehatan mata bayi. Menggabungkan ikan dori dan brokoli akan menghasilkan menu MPASI bayi 6 bulan yang bergizi tinggi.

Bahan:

  • 30 gram ikan dori fillet
  • 1 sendok makan nasi putih
  • Unsalted butter secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • 1 kuntum brokoli berukuran sedang
  • Keju khusus MPASI secukupnya (opsional).

Cara membuat:

1. Cuci bersih dengan air mengalir semua bahan yang perlu dibersihkan. Kemudian potong ikan dori menjadi potongan yang lebih kecil sesuai selera.

2. Kukus brokoli hingga matang dan lebih empuk selama sekitar 5 menit, lalu cincang halus. Setelah matang, matikan kompor dan tiriskan.

3. Buat bubur nasi terlebih dahulu. Campurkan nasi putih dengan air matang secukupnya, lalu tunggu sampai mengental dan menjadi setengah bubur.

4. Pada saat itu, masukkan ikan dori fillet, brokoli cincang, serta unsalted butter dan keju secukupnya. Aduk rata dan masak sampai semuanya matang dan menjadi bubur.

5. Jika sudah matang, matikan kompor. Jika diperlukan, Anda bisa menghaluskan atau uleg saring hingga mendapatkan tekstur makanan yang sesuai dengan usia bayi.

6. Sajikan bubur ikan dori dan brokoli sebagai menu MPASI Si Kecil.

Itulah manfaat ikan dori untuk bayi sekaligus resep ikan dori untuk MPASI 6 bulan. Rasa dan teksturnya yang lembut menjadikan ikan dori sebagai pilihan ikan yang ideal untuk MPASI. Dengan memasukkan ikan dori ke dalam menu MPASI, Moms bisa memperkenalkan Si Kecil pada berbagai rasa dan tekstur baru sekaligus memastikan ia menerima nutrisi seimbang untuk mendukung tumbuh kembangnya. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)