BUMP TO BIRTH

Busui Wajib Tahu! Ini Ragam ASI Booster yang Ampuh Bikin ASI Lancar



Fase menyusui pasti akan dialami oleh setiap ibu pascamelahirkan. Pada masa ini, Moms tentu mengusahakan apa pun untuk dapat memproduksi ASI agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Dan proses mengASIhi, khususnya selama 6 bulan pertama kehidupannya, akan menjaga tubuh bayi tetap sehat dan terhindar dari berbagai alergi, infeksi, maupun penyakit.

Seperti quotes dari Pamela K Wiggins, “Menyusui adalah hadiah yang seorang ibu berikan untuk dirinya sendiri, sang bayi, dan juga dunia ini.” Namun, terkadang ibu menyusui mengalami hambatan yang memengaruhi produksi ASI menjadi tidak lancar.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, seperti dari asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari selama menyusui, lingkungan yang kurang bersih dan memengaruhi higienitas ASI, serta kurangnya dukungan secara psikis dari orang-orang terdekat.

Dengan tema Pekan ASI 2024 “Menutup Kesenjangan: Dukungan Menyusui untuk Semua”, Moms tentunya bisa lancar menyusui dengan melakukan salah satu trik praktis dan mudah untuk mendukung proses mengASIhi, yaitu dengan mengonsumsi ASI booster, karena faktanya ada beberapa asupan makanan yang dipercaya mampu menambah produksi ASI sehingga kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi. Berikut ini adalah beberapa jenis ASI booster alami yang perlu Moms ketahui.

1. Daun katuk

Daun katuk merupakan jenis daun yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui, di antaranya vitamin A, B1, dan C, lemak, protein, dan mineral seperti steroid, polifenol, laktagogum, prolaktin, alkaloid, dan sterol. Kandungan nutrisi ini dapat meningkatkan produksi susu serta mencegah terjadinya anemia dan osteoporosis.

2. Daun torbangun

Daun torbangun sudah dimanfaatkan di Indonesia selama ratusan tahun dan dipercaya mengandung senyawa-senyawa yang bersifat galaktagog. Artinya, komponen-komponen ini dapat menstimulasi produksi kelenjar air susu, sehingga mampu meningkatkan suplai ASI tanpa mengurangi kualitas ASI itu sendiri.

3. Ikan

Asupan dari olahan ikan, khususnya ikan gabus, mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi ibu menyusui. Adapun protein dan asam lemak omega-3 di dalamnya mampu merangsang hormon prolaktin dan oksitosin yang memiliki peran penting dalam proses mengASIhi. Selain itu, ikan gabus juga mengandung albumin sebagai striatin yang dapat membantu mempercepat proses pemulihan Moms pascamelahirkan.

4. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang merah, dan kacang kenari diketahui baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Pasalnya, terdapat kandungan protein, kalsium, dan zat besi di dalamnya yang mampu meningkatkan produksi ASI. Tak hanya itu, kacang juga tinggi serat sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan ibu menyusui.

5. Buah-buahan

Tidak hanya kacang, ibu menyusui juga perlu rutin mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin, terutama vitamin C yang dapat membantu menjaga imunitas tubuh, seperti lemon. Beberapa jenis buah lainnya, seperti alpukat, jeruk, dan pisang juga mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan otak bayi dan membantu memperlancar produksi ASI.

Kandungan Herba Asimor sebagai pilihan ASI booster untuk ibu menyusui

Moms tidak perlu bingung untuk melengkapi setiap jenis ASI booster tadi, karena Herba Asimor hadir dengan ragam kandungan alami tersebut, mulai dari Galatonol yang didapat dari ekstrak bertingkat daun katuk dan juga daun torbangun yang mampu memperlancar produksi ASI, lalu kandungan Striatin dari ekstrak bertingkat ikan gabus yang membantu mempercepat proses pemulihan Moms pascamelahirkan.

Moms bisa secara rutin sehari sekali mengonsumsi Herba Asimor dalam bentuk tablet dengan kemasan 30 dan 60 kaplet. Namun, jika Anda sedang membutuhkan sesuatu yang menyegarkan, hadir juga Herba Asimor Drink dalam bentuk stick pack yang praktis. Selain kedua kandungan di atas, Moms juga akan mendapatkan vitamin C yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh Anda agar tetap sehat. Pemanisnya menggunakan gula alami Steviosida dari daun stevia yang non-kalori, sehingga dapat mencegah terjadinya diabetes pada Moms maupun Si Kecil.

Jadi, sekarang Moms sudah tahu kan solusi untuk membuat produksi ASI Anda makin lancar. Selamat menjalani proses mengASIhi dengan ditemani Herba Asimor sebagai ASI booster andalan Moms yang dapat memahami segala kebutuhan ibu selama fase menyusui. Dengan kualitas ASI yang baik dan lancar, maka Si Kecil tentu akan bisa tumbuh dengan optimal. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, Dok. Herba Asimor)