TODDLER

Moms, Ini Tips Belajar Menulis Kata untuk Anak TK



Selama di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), porsi bermain anak memang lebih banyak ketimbang hanya duduk manis di dalam kelas. Di tingkat ini, anak mulai belajar mengenal bentuk huruf dan angka. Selain itu, ia mulai belajar memegang alat tulis dan bermain corat-coret.

Kemudian, saat masuk TK, anak belajar menulis huruf lalu dirangkai menjadi kata. Nah, untuk mendukung kemampuan menulis dan perbendaharaan kata anak makin optimal,berikut ini beberapa tips belajar menulis kata untuk anak TK yang bisa Moms coba di rumah.

1. Sediakan tempat yang nyaman untuk menulis

Moms perlu memastikan suasana belajar yang kondusif dan tempat yang nyaman buat anak menulis. Si Kecil memerlukan meja dan kursi yang stabil, sehingga postur duduknya tetap baik.Tinggi meja dan kursi yang tidak sesuai akan memengaruhi postur duduk dan gerakan tangan Si Kecil. Tulisan akan bisa kurang rapi dan anakpun jadi mudah bosan.

2. Latih kemampuan anak untuk memegang alat tulis

Era digital memang memudahkan, tapi kadang juga bisa memanjakan. Apa pun bisa dilakukan cukup dengan sekali klik. Moms perlu tahu bahwa anak yang akrab dengan gawai tentu perlu waktu lebih lama untuk menyesuaikan dengan kegiatan menulis.

Kegiatan menulis menuntut kemampuan motorik anak dan ini dimulai dengan menggenggam alat tulis. Moms bisa mengajak Si Kecil belajar menggenggam lewat aktivitas menggenggam mainan plastisin, baru belajar menggenggam pensil atau spidol.

3. Ajarkan membuat garis

Anak PAUD biasanya dibiarkan untuk mencorat-coret sesuka hati. Namun, saat memasuki TK, belajar menulis perlu diarahkan. Moms bisa ajarkan Si Kecil untuk menggoreskan garis-garis, baik garis horisontal maupun vertikal. Agar garis terarah dan lurus, Anda bisa menggunakan titik-titik yang kemudian akan dihubungkan dengan garis oleh anak.

Jika biasanya titik-titik hanya terhubung menjadi garis, berikutnya Moms bisa ajarkan membuat titik-titik yang saat terhubung akan memperlihatkan sebuah huruf.

4. Kenalkan Si Kecil dengan topik yang dekat dengannya

Si Kecil sebaiknya diperkenalkan pada kata-kata dari topik sederhana dan dekat dengan dirinya, misalnya memintanya menyebutkan anggota keluarga, nama diri, anggota tubuh, atau mainan yang ia punya.

5. Ajarkan mengeja kosakata

Anak TK, khususnya TK B, biasanya sudah mulai bisa diarahkan untuk mengeja kosakata. Anak tak lagi sekadar menulis huruf, tapi juga sudah mengetahui cara membacanya. Di tahap ini, Moms bisa coba memilih kata secara bertahap, mulai dari kata yang mudah sampai kata yang berakhiran konsonan.Mengutip laman Paudpedia Kemendikbud, Moms dapat menulis satu kata, lalu meminta Si Kecil untuk mengulang menulis kata yang sama dan menyebutkan huruf-hurufnya.

6. Berikan penghargaan

Si Kecil akan semangat belajar saat Moms memberikan penghargaan atas pencapaiannya. Penghargaan ini tidak harus berupa mainan atau barang, tapi bisa juga berupa pujian. Agar lebih menarik, Anda bisa menyediakan stiker atau tiket sederhana yang bisa dikumpulkan Si Kecil untuk memperoleh hadiah tertentu.

7. Kerja sama dengan guru

Aktivitas pembelajaran di rumah ditujukan untuk mendukung apa yang dipelajari Si Kecil di sekolah. Karena itu, Moms perlu membangun kerja sama yang baik dengan guru di sekolah.Kerja sama ini diperlukan untuk memantau perkembangan Si Kecil, sehingga aktivitas di rumah tetap sejalan dan tidak bertentangan dengan apa yang ia peroleh di sekolah.

Itulah beberapa tips belajar menulis kata untuk anak TK yang bisa Moms coba di rumah untuk mendukung kemampuan menulis dan perbendaharaan kata Si Kecil agar makin optimal. (M&B/Ayu/SW/Foto: Jcomp/Freepik)