BUMP TO BIRTH

Tumbuh Makin Besar, Ini 7 Tanda Janin Sehat Trimester 2



Kondisi janin yang sehat merupakan dambaan setiap ibu hamil. Di tiap periode kehamilan, ada sejumlah perkembangan janin yang perlu dipantau. Tanda janin sehat di trimester 2 bisa Moms ketahui dengan melakukan pemeriksaan rutin.

Trimester 2 merupakan periode kehamilan pada rentang usia 13-28 minggu. Di usia kehamilan ini, biasanya bumil sudah lebih nyaman dengan kehamilannya. Morning sickness juga umumnya sudah berkurang. Lalu apa saja tanda janin sehat di kehamilan trimester 2? Simak informasinya berikut ini!

7 Tanda janin sehat trimester 2

1. Berat badan janin bertambah

Bertambahnya usia janin tentu harus dibarengi dengan bertambahnya berat badan janin. Di awal trimester 2, berat janin hanya sekitar 100 gram, tapi kemudian akan terus bertambah hingga di akhir trimester 2 menjadi 1.000 gram. Moms sebaiknya selalu menanyakan berat badan janin saat pemeriksaan USG, sehingga Anda bisa memastikan pertambahan berat badannya berjalan normal.

2. Perut yang kian membesar

Bertambahnya berat badan dan ukuran janin tentu akan memengaruhi ukuran perut Anda. Berbeda dengan trimester 1 di mana baby bump belum terlalu terlihat, di trimester 2 umumnya perut Anda akan mulai terlihat membesar. Bukan hanya ukuran janin, volume air ketuban dan makin besarnya plasenta juga akan membuat perut bumil kian membesar.

3. Volume air ketuban yang normal

Volume air ketuban yang normal juga menjadi tanda janin sehat di trimester 2. Di awal trimester ini, volume air ketuban hanya berkisar 100 ml, kemudian akan bertambah seiring usia kehamilan hingga di akhir trimester 2 menjadi 800 ml. Volume air ketuban juga bisa Moms ketahui lewat pemeriksaan USG. Diperlukan penanganan khusus bila volume air ketuban tidak sesuai seharusnya.

4. Gerakan janin mulai terasa

Gerakan janin akan mulai terasa di trimester 2. Tendangan pertama janin akan terasa saat usia kehamilan memasuki 20 minggu. Gerakan janin bisa terasa lembut, tapi ada kalanya terasa kuat. Bumil akan merasakan hingga 10 kali gerakan janin dalam rentang waktu 2 jam. Anda perlu khawatir bila gerakan janin kurang dari itu. Moms bisa menstimulasi gerakan janin dengan mengelus perut atau memperdengarkan musik.

5. Payudara yang membesar

Ukuran payudara juga akan membesar seiring bertambahnya usia janin. Kenaikan hormon kehamilan menyebabkan pertumbuhan jaringan air susu. Bukan hanya ukuran yang membesar, areola juga akan menghitam karena terjadinya peningkatan melanin. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi untuk kelak memudahkan bayi menemukan puting saat menyusu.

6. Detak jantung janin stabil

Detak jantung juga menjadi salah satu indikator kesehatan janin. Normalnya, detak jantung janin di trimester 2 adalah 110-160 per menit. Anda bisa memantau detak jantung janin dengan melakukan pemeriksaan USG secara berkala. Detak jantung janin bisa saja berubah-ubah mengikuti suasana hati bumil dan aktivitas yang sedang dilakukan. Selama berada di rentang angka tersebut, artinya janin dalam keadaan sehat dan mendapatkan oksigen yang cukup.

7. Berkembangnya alat kelamin bayi

Di usia kehamilan 14 minggu, alat kelamin bayi sudah mulai terbentuk dan bisa terlihat melalui USG. Bahkan di usia kandungan 16 minggu, penis dan skrotum sudah dapat terlihat jelas pada janin laki-laki. Sementara pada janin perempuan, organ rahim, tuba falopi, dan vagina juga sudah mulai terbentuk.

Itulah beberapa tanda janin sehat di trimester 2. Pastikan Moms selalu melakukan pemeriksaan USG secara berkala untuk memastikan tumbuh kembang janin berjalan optimal. (M&B/RF/Foto: Freepik)