BABY

MPASI Untuk Bayi



Sesi terakhir di Mother&Baby Fair 2014 Jakarta pada Selasa (26/09) ditutup oleh chef Yeni Ismayani dengan berbagi resep MPASI untuk bayi dalam acara “Cooking Demo with Sleek”. Sambil mengajak salah satu Mom yang hadir, Chef Yeni mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan tepat. “Sebelum memulai masak, yang paling pertama dilakukan adalah mencuci tangan dan membersihkan peralatan masak,” ujar chef Yeni. Setelah mencuci tangan, keringkan tangan dengan tisu supaya tangan semakin bersih.

Bagi bayi yang baru mulai disapih, yaitu usia 6-7 bulan, chef Yeni mengungkapkan paling banyak Si Kecil makan 1-2 sendok makan karena pencernaannya masih belum siap layaknya orang dewasa. Jangan khawatir ia akan kekurangan nutrisi, sebab seiring pertumbuhan, porsi makan Si Kecil akan berkembang.Chef Yeni menuturkan, “Untuk permulaan, berikan Si Kecil buah yang mudah dicerna, misalnya pepaya. Jangan memberikan makanan berprotein tinggi karena dapat memperberat kerja ginjal.” Selain itu, hindari penggunaan garam dan gula sampai Si Kecil berusia 1 tahun.

Saat demo cooking, chef Yeni melakukan demo 3 resep MPASI untuk bayi 6-7 bulan, 7-8 bulan, dan 8-9 bulan. Bahan makanan yang digunakan berasal dari buah, umbi-umbian, dan sayur yang segar. Semakin bertambah usia, makanan Si Kecil dapat terdiri dari campuran beberapa bahan dan teksturnya semakin kasar. Yang paling penting, ibu harus mencoba makanannya juga. Kalau tidak enak, bayi pun tentu tidak suka. (Sagar/DT/Dok. M&B)