BABY

Membersihkan Gigi Bayi



Penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang sejak dini sudah dirawat gigi dan rongga mulutnya dengan baik, akan jarang mengalami masalah gigi. Walaupun gigi susu Si Kecil hanya bersifat sementara, namun jika tidak dirawat, akan beresiko terkena infeksi yang dapat menyebabkan gigi tersebut tanggal sebelum waktunya. Ini bisa memengaruhi pertumbuhan gigi permanen.

Gigi mulai dibentuk saat Si Kecil masih dalam kandungan. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk proses pembentukan gigi Si Kecil. Biasanya, gigi Si Kecil tumbuh di usia 3-12 bulan. Pada rentang usia 3-6 bulan, Anda mungkin akan melihat perubahan warna di beberapa area gusi Si Kecil, yang menandakan giginya akan tumbuh. Perubahan warna ini dikenal dengan istilah eruption cyst.

Mulailah membersihkan gusi Si Kecil dengan finger brush atau kain kasa steril. Sebelum gigi tumbuh, akan ada lubang kecil di gusi yang bisa menjadi tempat bakteri. Jadi, rajinlah membersihkan gusinya dengan kain kasa yang dibasuh air atau sikat gigi bayi. Lakukan setelah Si Kecil menyusu di pagi hari dan sebelum ia tidur. Jadikan ini rutinitas setiap hari ya, Moms!

(Nisa/DT/foto:MBPictureLibrary)