BUMP TO BIRTH

Konsumsi 'Seafood' saat Hamil



Saat hamil, Anda dituntut untuk lebih menjaga makanan yang akan dikonsumsi, karena makanan akan memengaruhi kesehatan Anda. Ada makanan yang perlu dikonsumsi, makanan yang harus dibatasi, ataupun dihindari.

Dikutip dari Mayo Clinic, ibu hamil perlu memahami nutrisi dasar yang harus dipenuhi selama kehamilan, termasuk juga mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari selama hamil. Makanan yang perlu Anda perhatikan salah satunya adalah seafood.

Beberapa jenis seafood memang bisa menjadi sumber protein, dan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan perkembangan otak dan mata bayi Anda. Namun, beberapa jenis ikan atau kerang juga berpotensi mengandung zat berbahaya, seperti merkuri. Makanan yang tercemar zat merkuri dapat membahayakan perkembangan sistem saraf bayi Anda nantinya.

(BACA JUGA: Aturan Makan Seafood saat Hamil)

Lembaga Makanan dan Obat-obatan di Amerika menyarankan ibu hamil untuk tidak mengonsumsi beberapa jenis ikan, seperti ikan todak, ikan hiu, king mackerel, dan tilefish. Hindari juga mengonsumsi ikan mentah agar terhindar bakteri atau virus berbahaya dari dalam laut.

Selain itu, Food and Drug Administration (FDA) juga menyarankan untuk membatasi konsumsi ikan tuna pada ibu hamil, yaitu tidak lebih dari 6 ons per minggunya. Untuk cara memasak, disarankan untuk memasak seafood dengan suhu yang tepat. Disarankan untuk memasak kerang sampai katupnya terbuka. Jika Anda ragu, konsultasikan pada dokter tentang jenis seafood apa saja yang harus Anda hindari dan batasi. (Aulia/DT/dok.M&B)