BUMP TO BIRTH

Tips Menjalani Peran Ibu Baru



Pasca kelahiran bayi, kehidupan Anda akan berubah. Akan lebih banyak tantangan yang harus Anda hadapi. Beberapa ibu baru bahkan merasa hidupnya lebih sulit dari sebelumnya. M&B punya beberapa tips untuk ibu baru agar dapat lebih mudah menjalani hidupnya pasca melahirkan.

1. Jangan Terlalu Berambisi
Terlalu berambisi menjadi orangtua yang sempurna memang hanya akan membuat hidup Anda lebih sulit. Bayi Anda hanya membutuhkan kasih sayang dari seorang ibu, bukan sosok ibu yang sempurna dan bisa mengatasi semua masalah. Biarkan semua berjalan lebih alami dan apa adanya. Jangan sungkan untuk minta bantuan orang terdekat Anda.

2. Siap Menerima Kekacauan
Ibu yang serba terorganisir akan merasa sangat stres dengan suasana yang kacau. Jika Anda adalah seseorang yang sangat perfeksionis dan terbiasa dengan rutinitas sejak sebelum melahirkan, akan sulit bagi Anda untuk menjalani kehidupan pasca melahirkan yang akan penuh kekacauan. Kuncinya adalah berhenti berusaha untuk menjalani kehidupan lama, dan lebih menerima kehidupan baru Anda. Nikmati saja peran baru Anda sebagai ibu. Kini saatnya Anda terbiasa dengan rumah yang berantakan, kelelahan, dan kurang tidur akan menjadi 'sahabat' Anda.

3. Menghibur Diri
Luangkan waktu untuk menghibur diri Anda ke luar rumah. Berjalan-jalan ke toko, berbelanja, atau menghirup udara luar bersama Si Kecil juga bisa menurunkan tingkat stres Anda di rumah.

4. Nikmati Saja
Anda mulai stres dengan perubahan yang Anda alami pasca melahirkan? Kesal, marah-marah, atau beberapa kali menangis? Hal tersebut memang kerap dirasakan para ibu baru. Anda pasti memang akan merasa sulit. Namun, yakinlah kekacauan ini hanya sebuah fase yang akan terlewati, bahkan lebih cepat dari yang Anda pikirkan.

5. Lebih Sabar
Jangan sampai Anda melampiaskan emosi kepada Si Kecil. Anda hanya sedang dituntut menjadi orang yang lebih sabar dan menahan diri.

6. Cari Info Tentang Perkembangan Anak
Agar Anda tidak kehilangan arah dalam mengasuh Si Kecil, gali pengetahuan Anda tentang kesehatan dan tips pengasuhan bayi dari sumber-sumber terpercaya, seperti website atau majalah. Pantau terus website Mother&Baby untuk tahu info terbaru seputar pengasuhan Si Kecil.

7. Percaya Diri
Sesungguhnya insting seorang ibu sangat kuat. Percayalah bahwa diri Anda sendiri bisa mengatasi masalah yang datang. Yakinlah Anda bisa mengasuh Si Kecil dengan baik tanpa kekurangan sesuatu apa pun hingga ia dewasa.

8. Tidak Harus Serba Tahu
Khawatir tentang keluhan yang dirasakan Si Kecil akhir-akhir ini? Jangan buru-buru merasa tidak berguna karena tidak mengerti apa yang dialami bayi Anda. Konsultasikan kepada dokter apa yang dialami bayi Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dan meminta nasihat dari sang ahli atau orang-orang yang lebih berpengalaman.

9. Peduli Kesehatan
Jangan terlalu larut dengan kesibukan Anda. Tetap perhatikan kesehatan dan pola makan Anda, agar fisik Anda lebih kuat menjalani rutinitas sebagai ibu yang banyak menyita waktu. (Aulia/DT/dok.M&B)